Wujudkan Desa Bersinar, 2 Desa di Sebatik Tes Urine Tahap I

Tes Urine oleh BNNK
BNNK Nunukan Gelar Deteksi Dini Melalui Tes Urine 2 Desa, Tanjung Aru dan Tanjung Harapan, Kamis (24/06). Foto: BNNK Nunukan

PK Online – Badan Narkotika Nasional Kabipaten (BNNK) Nunukan menggelar kegiatan deteksi dini melalui tes urine di Kantor Desa Tanjung Aru dan Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) pada Kamis (24/06).

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, serta mewujudkan Desa Bersinar (bersih narkoba).

Turut serta dalam pemeriksaan urine perangkat desa, BPD, Ketua RT, Kepala Dusun, Anggota PKK, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat/Agama dan Karang Taruna.

Kegiatan dimulai dari Desa Tanjung Aru dibuka dengan sosialisasi dan penyuluhan pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh dua narasumber kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampel urine secara marathon.

Baca Juga:  Butuh Pemimpin yang Melayani, Warga NTT Yakin Zainal-Yansen Menang
Sosisalisasi dan Penyuluhan oleh BNNK Nunukan
Sosialisasi dan Penyuluhan Sebelum Uji Sampel Urine Peserta dari Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kaltara, Kamis (24/06). Foto: BNNK Nunukan

Kepala Puskesmas Sungai Nyamuk, kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kaltara Mardawia membawakan materi “Bahaya Penyalahgunaan Narkoba terhadap Kesehatan Fisik serta Mental”.

Pada kesempatan yang sama, Sub Koordinator P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat) BNNK Nunukan Murjani Shalat membawakan materi “Program dan Tujuan Desa Bersinar”.

Usai sosialisasi dan penyuluhan, peserta secara bergantian memasuki toilet guna mengambil sambil urine sesuai SOP setelah mengisi formulir dan registrasi.

Dari hasil uji rapid test narkoba enam parameter, tiga dari 50 sampel dinyatakan positif obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Baca Juga:  DI RUMAH SAJA! Hasil Analisis Swab dari BBLK Surabaya: Satu Balita Perempuan Positif dan Satu Anak Laki-laki Negatif di Nunukan

Kepala Desa Tanjung Aru, Budiman merasa puas dengan hasil tersebut meskipun tidak semua dinyatakan negatif.

“Saya cukup puas dengan hasil hari ini, semoga pemeriksaan urine selanjutnya tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan narkotika,” ujar Budiman.

Sosialisasi dan Penyuluhan
Sosialisasi dan Penyuluhan BNNK Nunukan Sebelum Uji Sampel Urine Peserta dari Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kaltara, Kamis (24/06). Foto: BNNK Nunukan

Di Kantor Desa Tanjung Harapan, juga dilaksanakan hal serupa dengan menguji 40 sampel urine dan satu dinyatakan positif obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Kepala Desa Tanjung Harapan, Hamzah mengapresiasi kesadaran warga usai mengetahui hasil pemeriksaan urine tersebut.

“Semoga warga Desa Tanjung Harapan senantiasa sadar dengan menghindari narkotika. Semoga kehidupannya senantiasa berkah dan bahagia,” ujarnya.

Menanggapi hasil uji urine, Kepala BNNK Nunukan melalui Sub Koordinator P2M menghimbau kepada peserta yang dinyatakan positif obat-obatan untuk tidak panik dan warga lainnya tidak berburuk sangka sehingga bisa menimbulkan fitnah.

Baca Juga:  Lanal Nunukan Apresiasi Tingginya Kesadaran Warga Ikut Vaksinasi

Ia menyebutkan peserta yang dinyatakan positif itu dalam masa pengobatan dan dapat memperlihatkan nama obat yang mereka konsumsi.

“Kepada warga yang lain, jangan sampai timbul fitnah kedepannya. Mereka positif bukan karena penyalahgunaan narkotika tapi atas anjuran dan resep dokter. Jadi persertanyang positif juga tidak perlu panik,” ujar Murjani. (***)

Editor: Muhammad Syukri

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here