Waspada Sejak Dini, TP-PKK Kaltara Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana

PK Online -Cegah terjadinya bencana yang ditimbulkannya oleh manusia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) adakan kegiatan sosialisasi waspada kebakaran dan tanah longsor.

Sosialisasi dengan tajuk Peran PKK dalam Penanggulangan Bencana Rumah Tangga dan Alam ini berlangsung di Hotel Lotus, Tarakan pada Senin (30/08) dan dihadiri oleh Rachmawati Zainal beserta jajaran.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi hari ini, gerakan keluarga sehat, tanggap, dan tangguh bertujuan untuk mewujudkan keluarga yang sehat. Strateginya itu adalah dengan melakukan pembinaan terhadap keluarga dan masyarakat,” ujarnya dalam sambutan.

“Tujuan keluarga sehat, tanggap, dan tangguh ini adalah untuk mewujudkan masyarakat dari tingkat desa agar dapat tanggap dan tangguh dalam melakukan pencegahan bencana sejak dini,” tambahnya lagi.

Wanita yang kerap disapa Rachma ini menjelaskan bahwa pencegahan bencana seperti kebakaran dapat dilakukan dari hal kecil seperti mengawasi penggunaan anti nyamuk bakar serta lilin. Tidak hanya itu, ia menerangkan bahwa masyarakat juga harus jeli terhadap penggunaan listrik dan kabel di sekitaran rumah agar tidak terjadi hubungan arus pendek yang memicu kebakaran.

“Jadi saya mohon agar kita sebagai kader dapat terjun ke lingkungan untuk menyiarkan dan memberi pelatihan kepada masyarakat. Saya harap dari kegiatan ini kita dapat mendukung dalam maksimalkan apa yang ada untuk mencegah terjadinya bencana,” pungkas Rachma.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi pertolongan pertama terhadap bencana alam yang dilakukan oleh BPBD serta diikuti oleh seluruh peserta.(saq/dkispkaltara)

Baca Juga:  Zainal-Yansen Berkarakter Kuat, Sosok Harapan Menuju Kaltara Berubah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here