Warga Mangkupadi Keluhkan Banyak Hal, Zainal A Paliwang Siap Penuhi

Kampanye Cagub-Cawagub Kaltara di Bulungan
Cagub Kaltara nomor urut 3, Dsr H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum bersama warga Mangkupadi usai menyerap aspirasi pada Rabu (14/10)

POS-KALTARA.CO.ID – Setibanya di Mangkupadi masih Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan, kehadiran calon Gubernur Kaltara nomor urut 3, Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum mendapatkan banyak keluhan dari warga. Mulai dari banyaknya pengangguran hingga komoditas unggulan yang tidak pernah diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Seperti yang diutarakan M Jufri. Warga ini mengeluhkan kedua anaknya yang berpendidikan terakhir strata satu (sarjana pendidikan) tetapi tidak pernah diberdayakan untuk mengabdi di sekolah-sekolah di kampungnya. Karena tenaga guru direkrut dari daerah lain.

“Guru-guru justru dari daerah luar, sehingga putra putri daerah banyak yang menganggur,” ungkap pria ini.

Tak lupa pula Jufri menceritakan bahwa sebenarnya Mangkupadi dan Tanah Kuning sangat potensial untuk kawasan pariwisata tetapi kondisi jalanannya yang tidak memadai. Bahkan, rusak parah tanpa pernah diperhatikan oleh pemerintah daerah utamanya Pemprov Kaltara.

Baca Juga:  Warga Tumpahkan Kegembiraan Saat Cawagub Kaltara, Yansen TP Datang di Kelubir

“Tidak ditopang dengan kondisi jalanan yang memadai. “Jalanan disini sangat tidak mendukung untuk menuju ke sana,” keluh Jufri.

Keluhan lainnya dari Undari yang menyatakan, masyarakat Mangkupadi hidup dari mata pencaharian darat dan laut. Komoditas unggulan pada sektor perkebunan adalah lada tapi petaninya tidak pernah dibimbing menjadi profesional.

Oleh karena itu, dia pun berharap, kelak Zainal-Yansen menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara agar menempatkan pimpinan OPD yang benar-benar mau bekerja sehingga petani lada bisa dibimbing menjadi tenaga profesional.

Kemudian, masyarakat Mangkupadi yang hidup sebagai nelayan sangat membutuhkan bantuan berupa petahu yang sesuai kondisi perairan daerah itu yang sering berubah-bubah. Selama ini, nelayan setempat hanya dibantu perahu katinting yang tidak bisa digunakan apabila terjadi perubahan cuaca.

Baca Juga:  Ucapkan Terima Kasih Keberhasilan Yansen, Warga Pulau Sapi Siap Menangkan ZIYAP

“Nelayan hanya dibantu oleh dinas yang tidak memadai, hanya diberikan katinting sementara kondisi laut sangat berubah-ubah. Kenapa hanya katinting, kenapa tidak mesin temple? Nelayan-nelayan tidak bisa berlayar, mohon diberi bantuan lebih maju seperti mesin temple,” harap Undari kepada Zainal Arifin Paliwang.

Aspirasi lainnya dari Astuti. Ia berharap produk-produk olahan warga Mangkupadi selama ini cukup bagus tetapi tidak ditunjang dengan pemasaran yang memadai akibat kurangnya keterlibatan pemerintah daerah. “Karena kami jauh dari desa ke kota, kami punya produk olahan dari ubi dan pisang,” jelas Astuti.

Baca Juga:  Zainal-Yansen Paham Sosiologi Masyarakat Sungai Kayan

Mendengar beberapa keluhan warga, Zainal A. Paliwang berjanji akan memperjuangkan semua melalui suplai anggaran Pemprov Kaltara. Begitu pula dengan putra putri daerah akan diakomodir lewat CPNS sesuai grade Kaltara.

Zainal berjanji akan mendatangkan investor yang bersedia memanfaatkan tenaga kerja lokal guna mengurangi pengangguran
. Sedangkan, penempatan pimpinan OPD akan dilakukan melalui lelang (open bidding) sesuai dengan keahlian dibidangnya.

Mengenai, produk-produk UMKM yang kurang dalam hal pemasarannya, akan dipromosikan melalui media partner dan dikerjasamakan dengan koperasi sehingga memudahkan pengiriman atau transportasi,” jelas Zainal. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here