Wabub Nunukan Kukuhkan dan Lantik Pejabat Fungsional, Asmin Laura Hafid “Tekankan” 4 Hal



Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid melalui Wakilnya H Hanafiah tekanan empat hal dalam sambutannya saat upacara pengukuhan dan pelantikan 54 pejabat eselon di Ruang VIP Kantor Bupati Lantai IV pada Jumat (03/09).

Pertama, Bupati Nunukan melalui wakilnya H Hanafiah meminta agar pejabat yang baru saja dikukuhkan dan dilantik agar menjaga amanah dengan baik serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan benar sesuai ketentuan hukum yang berlaku yakni layani masyarakat dengan cepat, responsif, simpatik dan mengayomi.

Pengangkatan Sumpah/Janji Jabatan Pejabat Eselon Sesuai Agama dan Kepercayaannya Kepada Tuhan YME, Jumat (03/09). Foto: Doc/Istimewah

“Pelantikan ini adalah peristiwa yang menandai adanya pendelegasian tanggung jawab pimpinan kepada saudara. Pendelegasian ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan,” kata H Hanafiah.

Selanjutnya, ia mengingatkan agar pejabat daerah tidak melakukan langkah kegiatan, ucapan, dan tulisan yang bisa melukai perasaan masyarakat sehingga merusak citra Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pemerintah di tengah masyarakat.

“Ingat, saat ini jamannya teknologi informasi, segala aktivitas kita mudah diamati dan dinilai masyarakat dan dapat pula dipublikasikan masyarakat melalui media sosial,” tegas H Hanafiah.

Pejabat Eselon yang Dikukuhkan dan Dilantik Menandatangani Berita Acara Pengukuhan dan Pelantikan, Jumat (03/09). Foto: Doc/Istimewah

Ia melanjutkan meminta kepada pejabat daerah yang baru dikukuhkan dan dilantik agar menyelesaikan segala persolaan secara internal terlebih dahulu dan jangan hanya persoalan internal dibawa ke tingkat yang lebih tinggi bahkan ada yang sampai kepada bupati.

“Tentu hal seperti ini tidak elok, tidak elegan, tidak menarik, karena menunjukkan ketidakmampuan saudara dalam memahami tugas dan fungsi masing-masing,” imbuhnya

Terakhir, ia berpesan agar pejabat-pejabat daerah menjaga loyalitas terhadap tugas dan tanggung jawab serta secara tegak lurus kepada pimpinan.

Baca Juga:  Momen Idul Adha, Gubernur Minta Warga Disiplin Prokes dan Tingkatkan Kesalehan
Sambutan Bupati Nunukan H Asmin Laura Hafid oleh Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah saat upacara pengukuhan dan pelantikan, Jumat (03/09). Foto: Doc/Istimewah

“Siapapun pimpinan kita, kita harus loyal kepadanya karena kita adalah bagian tim kerja yang tentu memiliki tugas dan tanggung jawab yang sudah diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang ada,” katanya.

Selain itu, Bupati Nunukan melalui H Hanafiah juga meminta kepada pejabat daerah yang baru dikukuhkan dan dilantik ini agar menjadi pendorong semangat dan motivasi untuk berkarya lebih baik lagi.

Ia menambahkan bahwa pelantikan ini menandakan pejabat fungsional telah memiliki legalitas untuk menunaikan tugas fungsional di bidangnya masing-masing sehingga sudah selaiaknya mempunyai inisiatif untuk mengembangkan program kegiatannya, melaksanakan tugas-tugasnya secara berkala karena setiap jabatan fungsional memiliki tugas dan tanggung jawab yang membutuhkan keahlian yang berbeda-beda.

“Untuk itu, saudara perlu terus menerus mengembangkan diri, meningkatkan kapasitas dan potensi diri agar dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” pesan H Hanafiah.

Pengangkatan Sumpah/Janji Jabatan Pejabat Eselon, Jumat (03/09). Foto: Doc/Istimewah

Pengembangan diri saat ini, kata H Hanafiah, dapat dilakukan secara mandiri karena di dukung perkembangan teknologi informatika yang sangat luar biasa sehingga setipa pejabat fungsional harus bisa mengoperasikan komputer atau perangkat teknologi digital yang lainnya

“Saat ini, pemerintah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sedang membangun aplikasi pelaporan kinerja yaitu sistem manajamen kinerja (Simanja). Dasar pemberian TPP nantinya berdasar laporan kinerja pada aplikasi tersebut,” papar H Hanafiah.

Terkait pelaksanaan pengukuhan dan pelantikan terhadap 54 pejabat eselon tersebut, Pemerintah Kabupaten telah melalui beberapa pertimbangan baik itu UU ASN Nomor 5 Tahun 2014, PP Nomor 11 Tahun 2017 dan Peraturan Kepala Kepegawaian Negara (BKN) serta peranturan perundang-undangan lainnya.

“Perlu diketahui, pengukuhan pejabat struktural ini sudah mendapat persetujuan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri sedangkan pelantikan pejabat fungsional tidak menjadi klausur yang dibatasi atau dilarang bagi bupati terpilih atau petahana dalam Undang-undang Pilkada,” paparnya

Selain itu, tambah H Hanafiah, perangkat daerah yang mengalami perubahan nomenklatur kelembagaan maka dilakukan pengukuhan kepada seluruh pejabat struktural yang menunaikan tugas dan fungsi mengalami perubahan.

“Pengukuhan ini merupakan wujud pelaksanaan regulasi serta bentuk tertib administrasi pemerintahan,” tambahnya.

Pengukuhan yang dilakukan kepada pejabat struktural dilingkungan sekretariat daerah pada hari ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI nomor 56 tahun 2019 Tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah.

“Penerapan Permendagri ini sesuai Peraturan Bupati nomor 49 tahun 2020 tentang Kedudukan Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan,” terang H Hanafiah

Selanjutnya, pelantikan pejabat fungsional pemadam kebakaran berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 26 Tahun 2020 tentang Pembinaan Kepegawaian Jabatan Fungsional Pemadam Kebakaran.

Jabatan pemadam kebakaran adalah jabatan fugsional sehingga setiap pegawai teknis pemadam kebakaran wajib menjadi pegawai fungsional. Untuk dapat diangkat dalam jabatan fungsional terlebih dahulu mengikuti ujian kompetensi atau inpassing.

“Bagi yang sudah lolos ujian kompetensi atau inpassing dapat jabatan fungsional setelah mengangkat sumpah dan dilantik oleh pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang telah ditunjuk oleh pejabat pembina kepegawaian,” katanya.

Baca Juga:  Bersama Istri dan Staf, Gubernur Bedah Rumah Nenek Zaharah hingga Malam
Wakil Bupati Nunukan H Hanafiah menandatangani Berita Acara Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Eselon, Jumat (03/09). Foto: Doc/Istimewah

H Hanafiah mewakili Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid juga mengaskan Pelaksanaan upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan manajemen ASN dilandasi atas pertimbangan untuk mewujudkan pemerintahan yang cepat, tanggap, responsif, efektif, efisien, dan profesional dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas sehingga memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Di akhir sambutannya, Mewakili Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid atas nama Pemerintah Kabupaten Nunukan memberikan ucapan selamat dan berharap kiranya pejabat fungsional ini sukses melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.(MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here