Vaksin COVID-19 Mulai Didistribusikan ke Kecamatan di Perbatasan Negara

Pendistribusian Vaksin Sinovac ke Kecamatan di Perbatasan Negara
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid

Pos-Kaltara.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan mulai mendistribusikan vaksin sinovac ke kecamatan-kecamatan yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Vaksin tersebut diterima dari Pemerintah pada pekan lalu.

“Iya kita sudah distribusikan ke kecamatan-kecamatan yang jauh di perbatasan dulu,” ujar Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid di Nunukan, Senin (1/2).

Ia menyebutkan, sebanyak 3.640 dosis vaksin sinovac yang diterima dari pusat untuk pertama kali diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dulu.

Untuk memperlancar pencanangan serentak gerakan vaksinasi maka Pemkab Nunukan mendistribusikan ke puskesmas yang berada di wilayah perbatasan khususnya di wilayah III seperti wilayah Krayan, Lumbis Pansiangan, Lumbis Ogong dan Lumbis Hulu.

Baca Juga:  Wakil Bupati Nunukan Bagikan Akta Kepada Anak TKI Dan Disabilitas

“Pendistribusian ke wilayah Krayan diantar dengan pesawat hari ini (Senin) ke Krayan,” ujar dia.

Kemudian menyusul kecamatan wilayah III seperti Lumbis Hulu, Lumbis Ogong dan Lumbis Pansiangan yang berbatasan dengan Sabah, Malaysia diantarkan juga hari ini karena sarana transportasi ke tiga kecamatan ini melalui sungai.

Pada hari yang sama diantarkan pula bagi Puskesmas Kecamatan Lumbis, Sembakung, Sembakung Atulai, Sebuku dan Seimenggaris. Untuk lima kecamatan di Pulau Sebatik diantarkan pada Selasa (2/2).

Pada saat itu, Kadis Kesehatan Nunukan dr Meinstar Tololiu menyebutkan, peluncuran vaksin di Kabupaten Nunukan dilaksanakan serentak pada Rabu (3/2).

Baca Juga:  Disdikbud Nunukan Sediakan Profil Tank Untuk 200 Sekolah

Termasuk vaksin kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di ibukota Kabupaten Nunukan.

Dr Tololiu menyatakan 3.640 dosis vaksin yang diterima dari Pemerintah Pusat tahap pertama ini dikhususkan bagi tenaga kesehatan dan Forkopimda.

“Jumlah vaksin yang diterima tahap pertama ini cukup bagi nakes dan forkopimda,” ujar dia.

Ia juga menambahkan, vaksin yang digelar serentak pada Rabu (3/2) tersebut khusus bagi nakes di RSUD, Puskesmas, Klinik dan tempat lainnya. (mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here