UPZ Sebatik Timur Salurkan Bantuan Kepada Sejumlah Mustahik

Pendistribusian Bantuan Hasil Pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah di Kecamatan Sebatik TImur, Nunukan
Camat Sebatik Timur Wahyudin bersama pengurus UPZ Sebatik Timur mendatangi salah satu warga kurang mampu untuk menyalurkan bantuan, Rabu (29/12)

PosKaltara.co.id – Di penghujung 2020, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan menyalurkan bantuan kepada sejumlah mustahik atau warga kurang mampu.

Bantuan tersebut hasil pengumpulan zakat, infak dan sedekah dari masyarakat Kecamatan Sebatik Timur sepanjang 2020.

Sebelum penyaluran, UPZ Sebatik Timur terlebih dahulu melakukan pendataan mustahik dan survei lapangan agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran, jelas Ketua UPZ SEbatik Timur M Asmayadi melalui pesan tertulis dari Salmiah Bendahara UPZ Sebatik Timur, Rabu (6/1).

“Kita data dulu baru disurvei lagi supaya bantuan ini benar-benar sampai ke tangan yang benar-benar membutuhkan,” ujar M Asmayadi yang juga menjabat Kepala KUA Sebatik Timur.

Baca Juga:  Kahar Nahkodai PTMSI Kabupaten Nunukan

Bantuan yang didistribusikan pada Selasa (29/12) berupa sembako senilai Rp350.000, uang tunai Rp500.000 dan ada juga warga yang mendapatkan sekaligus uang tunai serta  sembako total senilai Rp850.000. Selain itu, ada juga dibantu bahan bangunan untuk renovasi rumah senilai Rp2,5 juta serta bantuan modal usaha sebesar Rp2,5 juta.

Asmayadi mengatakan berhubung pendistribusian ini di tengah wabah COVID-19 maka tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berjabat tangan serta membawa hand sanitizer.

Jumlah bantuan yang disalurkan selama dua hari pada akhir 2020 ini sebesar Rp60 juta, diharapkan semuanya terdistribusikan hingga saldo nol rupiah.

Baca Juga:  DPRD Nunukan Ingat Pemda Hati-hati Kelola Anggaran COVID-19

Salmiah selaku inisiator Kampung Sadar Zakat Sebatik Timur juga berharap pada 2021 kesadaran masyarakat dalam berzakat, berinfak dan bersedekah semakin meningkat dan manfaatnya semakin dirasakan oleh mustahik dan masyarakat pada umumnya.

Salmiah menambahkan ke depannya zakat, infak dan sedekah dapat menjadi solusi ekonomi masyarakat di wilayah Kampung Sadar Zakat Kecamatan Sebatik Timur utamanya selama pandemi COVID-19 ini.

Ikut serta dalam penyaluran bantuan ini yakni Camat Sebatik Timur Wahyuddin S.Sos, Kepala KUA Kecamatan Sebatik Timur M Asmayadi, S.HI,  Sekretaris UPZ Amad Soderi, SE, Bendahara UPZ Ibu Salmiah, S.Pd.I sekaligus selaku Penyuluh Agama Islam spesialisasi Pengelolaan Zakat beserta Penyuluh Agama Islam non PNS Sebatik Timur dan pengurus lainnya. (mt)

Baca Juga:  KPU Nunukan: Amanah Mendaftar 6 September, Damai 5 September

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here