Tiga Paslon Pilgub Kaltara Ditetapkan

Penetapan Cagub-Cawagub Kaltara
Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami

POS KALTARA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Utara telah menetapkan tiga pasangan calon (paslon) menjadi calon Gubernur-Wakil Gubernur pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020. Ketiga paslon tersebut adalah Udin Hianggio-Undunsyah, Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan dan Irianto Lambrie-Irwan Sabri.

Tahapan pilkada ini telah sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, dimana 23 September 2020 adalah tahapan penetapan pasangan calon setelah KPU menerima pendaftaran, verifikasi dokumen syarat pencalonan dan syarat calon.

Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami melalui sambungan telepon, Rabu (23/9) menyampaikan, sebelum memasuki tahapan penetapan pasalon telah dilakukan pendaftaran bakal pasangan calon pada 4-6 September 2020.

Baca Juga:  Pemprov dan Perbankan Saling Kolaborasi Dongkrak Perkonomian Kaltara

Setelah itu, dilakukan verifikasi dokumen bakal pasangan calon tersebut lalu dilanjutkan proses perbaikan apabila kekurangan dari syarat administrasi yang dibutuhkan. Perbaikan administrasi telah dilakukan dilanjutkan lagi dengan verifikasi dokumen perbaikan tersebut.

Berhubung verifikasi ini telah selesai dan semuanya dinyatakan memenuhi syarat maka ditetapkan menjadi calon Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara untuk pilkada serentak 2020 ini.

“Alhamdulillah hari ini (23/9) kami telah menetapkan ketiga paslon tersebut,” ungkap Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami melalui sambungan telepon, Rabu, 23 September 2020.

Baca Juga:  Warga Gunung Seriang Sambut Yansen Dengan ‘Maju Tak Gentar’

Pasangan calon yang sebelumnya disebut bakal pasangan calon yang telah mendaftar bersamaan pada 6 September 2020 sebagai hari terakhir masa pendaftaran di KPU Kaltara. Ketiganya bakal paslon menjadi Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara yang akan berkontestasi pada pilgub 2020.

Komisoner KPU Kaltara menetapkan ketiga pasangan calon ini melalui rapat pleno setelah semua berkas syarat pencalonan dan calon sendiri dinyatakan telah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Pasca penetapan akan dilanjutkan dengan pengundian nomor urut terhadap ketiga paslon ini pada 24 September 2020 melalui rapat pleno terbuka di Gedung Wanita Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

Baca Juga:  Masyarakat Diminta Tanggapi DPS Pilgub Kaltara, KPU Kaltara Akan Umumkan

“Jadi semua bakal paslon dinyatakan seluruh dokumen syarat pencalonannya telah memenuhi syarat maka ditetapkan menjadi Cagub-Cawagub Kaltara yang akan berkontestasi pada pilkada serentak 2020,” terang dia. (mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here