Tak Tanggung-Tanggung, Bupati Nunukan Sampaikan 26 Usulan Prioritas

Musrenbang RPJMD 2021-2026
Ketua DPRD, Bupati, Kepala Bappeda Litbang Kepala dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Nunukan Hadiri Musrenbang RPJMD 2021-2026 secara virtual, Selasa (15/06). Foto: Humas dan Protokol

PK Online – Dari Ruang Rapat VIP lantai IV Kantor Bupati Nunukan, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Ketua DPRD Hj. Leppa, Kepala Bappeda Litbang Kab. Nunukan, serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Nunukan menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJMD 2021-2026 Provinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (15/06).

Dalam MUSRENBANG kali ini, Bupati Laura menyampaikan 26 usulan prioritas Kabupaten Nunukan. Apa sajakah itu?

Pada bidang bidang pendidikan, kabupaten Nunukan mengusulkan pengadaan tenaga pengajar untuk Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan, pembangunan SMK di Lumbis Pansiangan dan SMA di Lumbis Hulu yang masing-masing dilengkapi dengan asrama siswa.

Dibidang kesehatan diusulkan pengadaan tenaga medis untuk 3 Rumah Sakit Pratama (Kecamatan Sebuku, Sebatik Dan Krayan) dan tambahan kuota untuk peserta jaminan kesehatan nasional (JKN).

Baca Juga:  Pemprov Kaltara Tanggapi Refocusing APBD 2021

Pemerintah Kabupaten Nunukan kali ini mengusulkan pengadaan jaringan listrik untuk Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Krayan. Pembangunan jaringan listrik dari Long Bawan Kecamatan Krayan menuju kantor Camat Krayan Timur (Desa Long Umung) mencakup 12 desa. Pembangunan jaringan listrik menuju kantor Camat Sebatik Timur (Panjang 9 KM) dan desa Setabu.

Pada bidang pelayanan transportasi diusulkan Subsidi Ongkos Angkut (SOA) barang dan penumpang untuk lima kecamatan di Krayan, SOA barang dan penumpang untuk Kecamatan Lumbis Pansiangan dan Lumbis Hulu.

Sektor pertanian, peternakan dan perkebunan juga tak luput dari perhatian pemerintah daerah sehingga turut diusulkan diantaranya pembukaan dan pematangan lahan teknopark pertanian organik di Krayan Selatan, pengadaan bibit ternak sapi Bali 100 ekor di Kecamatan Seimenggaris, pengadaan program peremajaan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Sebuku, Tulin Onsoi, Sembakung, Sembakung Atulai dan Lumbis, pembangunan jalan usaha dan perkebunan untuk tanaman pangan di Kabupaten Nunukan, serta peningkatan Jalan Lingkar Pulau Nunukan.

Baca Juga:  KPU Nunukan Tetapkan Nomor Urut Cabup-Cawabup

Dibidang pariwisata, lanjutan pembangunan pariwisata di Bukit Yufai Semaring Kecamatan Krayan menjadi usulan dari Pemkab Nunukan.

Dibidang kelautan dan perikanan, Pemkab Nunukan mengusulkan pembangunan lantai jemur di Marine Tecnopark Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, serta pengadaan alat tangkap di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.

Pada infrastuktur jalan, diusulkan pembangunan dan peningkatan jalan lingkar di Kecamatan Krayan, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Lingkar yang perencanaannya telah dikerjaan oleh Dinas PU Provinsi tahun 2017, serta peningkatan Jalan (konektivitas antar desa dan kecamatan) di wilayah perbatasan.

Baca Juga:  Kantor Baznas Nunukan Dibangun Berlantai 3, Laura Letakkan Batu Pertama

Pada bidang telekomunikasi diusulkan pembangunan tower di daerah yang Blank Spot, pengadaan VISAT Internet untuk kantor Kecamatan Lumbis, Tulin Onso, Lumbis Hulu, Lumbis Pansiangan dan Seimenggaris, serta pengadaan VISAT Internet untuk Puskesmas Pembeliangan,Sebuku.

Selain itu, pengadaan PLTS untuk Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat dan alat uji berskala kendaraan bermotor untuk Kecamatan Nunukan juga diusulkan. (Humas)

Editor: Muhammad Syukri

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here