Soroti Gedung OPD Provonsi Yang Belum Lestarikan Kearifan Lokal

Gedung OPD Pemprov Kaltara
Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang Soroti Gedung OPD Belum Lestarikan Kearifan Lokal, Senin (24/05)

PK Online – Dalam memimpin roda Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP kerap menekankan kearifan lokal, pada setiap aspek kegiatan maupun pembangunan.

Seperti halnya dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan gedung DPRD Kaltara, Gubernur Zainal meminta nantinya gedung DPRD Kaltara di Km 4 Tanjung Selor itu harus memiliki nilai kearifan lokal baik dari segi eksterior hingga interiornya.

“Kantor DPRD Kaltara yang dibangun ini melibatkan arsitek lokal, nantinya di gedung itu saya minta ada ukiran khas tradisional Kaltara seperti ukiran Dayak, Tidung dan Bulungan,” pinta Gubernur Zainal, Senin (24/05).

Baca Juga:  Zainal Mau Kesehatan Gratis Masyarakat Berlanjut, BPJS Mau Dibayar di APBD-P

Harapannya, gedung-gedung milik pemerintah memiliki ornamen lokal seperti Dayak, Tidung, dan Bulungan serta bentuk kearifan lokal lainnya sehingga bisa menjadi ikon Kaltara ketika ada yang datang berkunjung.

“Jika nantinya gedung DPRD Kaltara telah jadi dan dilengkapi dengan ornamen kearifan lokal, saya berharap gedung itu bisa jadi ikon di Kaltara, jadi masyarakat yang berkunjung ke Kalimantan khususnya Kaltara tidak lagi merasa di Kaltim atau daerah lainya,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Zainal sempat meyinggung sejumlah gedung perkantoran milik Pemprov Kaltara yang telah dibangun, tapi belum dihiasi kearifan lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here