Cagub Kaltara Seruput Kopi
Cagub Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum menyeruput kopi

POS-KALTARA.CO.ID – Dunia perkopian bagi calon gubernur Kaltara nomor urut 3, Drs H.Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum sudah tak asing lagi.

Karena kopi adalah minuman favorit pasangan dari Dr Yansen TP sebagai calon wakil gubernur Kaltara ini. Berbagai macam jenis kopi dari berbagai nusantara pun telah ia jelajahi selama bertugas di sejumlah daerah dalam struktur kepolisian republik Indonesia.

Tak hanya itu, mantan Wakapolda Kaltara periode pertama ini juga mahir meracik kopi bahkan memainkan berbagai macam alat musik. Mulai dari seorang drummer, pemain keyboard, gitaris hingga menjadi berperan sebagai vokalis.

Semua itu terlihat jelas ketika pria kelahiran Makassar ini menghadiri undangan komunitas kopi Bulungan Menyeduh di Laka-Laka Kafe di Jalan Duku Kota Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, akhir pekan lalu.

Baca Juga:  Warga Inginkan Perubahan, Dukungan Zainal-Yansen Terus Mengalir

Kecanggungan Zainal yang hadir di tengah-tengah para milenial Bulungan sama sekali tak terlihat jelas. Justru suami Hj Rachmati ini merasa kembali muda. Bahkan terkenang masa mudanya yang gemar bermain musik dan ngopi bareng teman sejawatnya di Makassar.

Zainal pun menceritakan masa mudanya tentang dunia kopi. Dikatakannya, kala itu jika hendak meminum kopi dirinya akan menggongseng sendiri biji kopinya lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian menyaringnya sebelum diseduh.

“Banyak kopi yang dijual di pasar sekarang sudah tidak asli lagi, karena ada campurannya. Jadi memang enak kalau kita gongseng sendiri ya,” cetusnya.

Baca Juga:  Program Kerja Zainal-Yansen Menyentuh Kesejahteraan Masyarakat, Dukungan Warga Bulungan Terus Mengalir

Ia pun meracik kopi di kafe tersebut. Proses racikan kopi Zainal seperti sama persis yang dilakukan oleh para barista. Diantaranya mulai mengatur suhu air perebusan lalu memblendernya hingga siap seduh.

Jenis kopi yang dipilih Zainal malam itu adalah Vitenam Drip yang dicampurkan sedikit gula pasir. “Jangan terlalu manis, tidak baik bagi kesehatan, juga bisa merubah cita rasa,” sarannya sembari menyeruput kopi hasil racikannya.

“Dulu istri saya itu tidak suka kopi, tapi saya ajakin terus minum kopi, akhirnya sekarang minum kopi terus dia, kopi hitam,” ungkap jenderal bintang satu ini dengan tawa.

Baca Juga:  Zainal-Yansen Akan Genjot Peningkatan SDM Pelaku UMKM

Usai seruput kopi, Zainal pun hadir bersama para milenial untuk melantunkan musik dengan peran sebagai drummer. Ada dua lagu lawas yang diiringi Zainal malam panjang itu. Yakni bertajuk Arjuna dan Separuh Nafas dari band ternama Dewa 19. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here