POS KALTARA.CO.ID –  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kabupaten Nunukan menetapkan semua kecamatan masuk zona merah penyebaran COVID-19.

Alasannya, Kabupaten Nunukan dikelilingi wilayah berkategori zona merah. Seperti Kota Tarakan, Kalimantan Utara dan Tawau Negeri Sabah, Malaysia.

Meskipun diakui Juru bicara Tim Gugus Tugas COVID19 Nunukan, Aris Suyono pada press release bahwa beberapa kecamatan memiliki kasus yang sangat rendah.

“Namun, pertimbangan letak geografis Kabupaten Nunukan yang dikelilingi wilayah zona merah maka semua kecamatan ditetapkan zona merah juga,” terang dia pada Minggu (10/5).

Baca Juga:  BP2MI Nunukan: Pemulangan 7.200 TKI dari Malaysia Masih Simpang Siur

Kabupaten Nunukan terdiri 21 kecamatan, dua kecamatan di Pulau Nunukan, lima kecamatan di Pulau Sebatik, lima di Krayan dan sembilan dia wilayah III termasuk dua kecamatan hasil pemekaran baru yakni Lumbis Pansiangan dan Lumbis Hulua.

Ia juga menyebutkan bahwa Tim Gugus Tugas COVID19 Nunukan telah menetapkan 13 titik screening terutama pada pintu perbatasan, pelabuhan dan bandara.

Ke-13 titik screening ini, dua lokasi yakni Pelabuhan Feri Sei Jepun Kelurahan Mansapa dan Bandara Long Layu Kecamatan Krayan Selatan sifatnya insidental. Artinya sewaktu-waktu ada kegiatan pada dua lokasi ini.

Selain dua titik screening insidental terdapat 11 lokasi yang aktif yakni Pelabuhan Tunon Taka, Pelabuhan Liem Hie Djung dan Bandara Nunukan masuk wilayah Puskesmas Nunukan dan Puskesmas Nunukan Timu.

Baca Juga:  PT BHP Nakal, Masyarakat Adat Kelompok Patal Sampaikan 4 Tuntutan

Wilayah Puskesmas Sei Nyamuk, Puskesmas Ajikuning dan Puskesmas Lapri adalah Pelabuhan Rakyat Sei Nyamuk dan Lalo Salo yang menjadi pintu keluar masuk dari dan ke Malaysia.

Puskesmas Sedadap Kecamatan Nunukan Selatan di Pelabuhan Feri Sei Jepun (insidental), Puskesmas Atap di Pelabuhan Rakyat Tepian di Kecamatan Tulin Onsoi, Puskesmas Mansalong di Libang perbatasan Kabupaten Malinau.

Selanjutnya, Puskesmas Binter Kecamatan Lumbis Pansiangan untuk Labang dan Tau Lumbi. Kedua lokasi ini juga pintu keluar masuk dari dan ke Malaysia dan Puskesmas Krayan untuk lokasi screening di Bandara Long Bawan, Long  Midan pintu keluar masuk Negeri Sarawak, Malaysia dan Bandara Long Layu di Kecamatan Krayan Selatan. (ir/ms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here