Segera Cair, 3.998 KK Penerima JPS Tahap II Nunukan

Pencairan JPS Tahap II Nunukan
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nunukan, Hasan Basri

POS KALTARA.CO.ID – Sebanyak 3.998 kepala keluarga (KK) yang tercatat sebagai penerima jaminan pengaman sosial (JPS) COVID-19 tahap II di Kabupaten Nunukan. Pemkab Nunukan segera mencairkannya melalui Bankaltimtara langsung ke rekening penerima.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Nunukan, Hasan Basri perihal hal ini menyampaikan, ribuan KK penerima JPS tahap II telah melalui proses validasi dari data penerima tahap I. “Pencairan JPS tahap kedua ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini melalui Bankaltimtara,” ujar dia.

Ia menambahkan, semua penerima harus membuka rekening di Bankaltimtara selaku mitra pemerintah daerah. Selanjutnya, pencocokan biodata di Kantor Kelurahan guna pencocokan datanya.

Baca Juga:  Menanggapi Sholat Jumat Berjamaah di Masjid, Pemkab Nunukan Tak Pernah Melarang Sholat

Pemkab Nunukan mengupayakan pencairan bantuan dampak COVID-19 tahap II ini paling lambat Senin, 28 September 2020. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini atau paling lambat Hari Senin (28/9) dana tersebut sudah bisa sampai di tangan penerima,” kata Hasan Basri.

Bantuan JPS tahap I ini diberikan dalam bentuk kupon yang ditukarkan dengan barang kebutuhan pokok sehari-hari pada kios atau toko yang ditunjuk oleh perbankan.

Namun JPS tahap II yang akan diterima oleh 3.998 KK dalam bentuk uang tunai. Data penerimanya, telah divalidasi ulang oleh Dinas Sosial Kabupaten Nunukan karena ratusan penerima tahap I tidak ditemukan lagi sesuai alamat yang tercatat dalam identitas kependudukan yang diserahkan.

Baca Juga:  Pemilik Usaha Teken Komitmen Patuhi Protokol Kesehatan Menuju Kehidupan Normal Baru

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Nunukan, Jabbar menyampaikan, sebenarnya penerima JPS tahap II ditargetkan sebanyak 4.000 KK. Dimana melakukan pendataan ulang terhadap warga yang layak menerimanya dan sebelumnya tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dampak COVID-19.

Pencairan bantuan ini sempat dihentikan setelah adanya keputusan Tim Gugus Tugas COVID-19 Pusat bahwa Kabupaten Nunukan dinyatakan telah masuk kategori zona hijau. Beberapa bulan kemudian, kembali ada pasien positif COVID-19 maka bantuan ini kembali digulirkan kepada warga terdampak virus korona ini. (mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here