Rutin Dilakukan Kejari Nunukan, Wabup H Hanafiah Ikut Musnahkan Barang Bukti

Pemusnahan Barang Bukti
Prosesi Pemusnahan Barang Bukti di Kantor Kejari Nunukan Pada Kamis (15/07).

PK Online – Wakil Bupati (Wabup) hadiri pemusnahan Barang bukti yang digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Nunukan pada Kamis (15/07).

Kegiatan rutin yang digelar Kejari Nunukan ini  dilakukan atas tindak lanjut dari tugas jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Dalam pemusnahan barang bukti tersebut, Wabup Nunukan H. Hanafiah juga turut serta memusnahkan beberapa barang bukti yakni sabu, senjata api, handphone, dan senjata tajam.

Kepala Kejari Nunukan Yudi Prihastoro menyebutkan ada 239 perkara di mana 165 perkara merupakan masalah narkoba.

Baca Juga:  Disnakertrans Nunukan Tak Wajibkan Pengusaha Bayar Upah Pekerja Sesuai UMK

Ia menilai hal ini harus menjadi perhatian semua pihak, bukan hanya kejaksaan karena menyangkut keberlanjutan generasi penerus bangsa.

“Bagaimana kedepannya bisa memberikan edukasi kepada masyarakat berupa penyuluhan tentang penegakan hukum,” ujarnya.

Dengan melakukan hal demikian, Ia berharap tidak semua pelaku penyalahgunaan narkoba dimasukkan ke dalam penjara namun menjalani rehabilitasipun cukup jika hanya korban atau pengguna.

Selain perkara Narkotika, lanjut Yudi, Kejari Nunukqn juga memusnahkan barang bukti dari perkara non narkotika yang terdiri dari pencurian, pembunuhan, penganiayaan, keimigrasian, pengrusakan, pembakaran hutan dan lahan, tindak pidana senjata api dan senjata tajam, perlindungan anak, asusila, serta barang impor yang tidak tercantum dalam manifest.

Hadir dalam acara pemusnahan barang bukti tersebut Ketua Pengadilan Negeri Nunukan Rakhmat Dwinanto, Polres Nunukan Aipda Ma’aruf , Kepala Bea Cukai Nunukan Sri Hermanto, kepala BNNK Nunukan Kompol Sunarto serta Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Nonot Eko Pebrianto. (Humas/KA).

Baca Juga:  Kantor Baznas Nunukan Dibangun Berlantai 3, Laura Letakkan Batu Pertama

Editor: Muhammad Syukri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here