Ranperda Penegakan Hukum Pelanggaran Prokes COVID-19 Disetujui

Rapat Paripurna Persetujuan Enam Ranperda
Rapat Paripurna DPRD Nunukan persetujuan enam ranperda pada Rabu (3/2)

Pos-Kaltara.co.id – Rancangan Peraturan Daerah (ranperda) tentang penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan (prokes) COVID-19 telah disetujui DPRD Nunukan untuk selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Kaltara untuk difasilitasi dan dievaluasi.

Ranperda ini, salah satu dari enam ranperda yang disetujui pada rapat paripurna ke IV termasuk soal penyalahgunaan narkotika dan zat aditif lainnya.

Persetujuan tersebut dibacakan oleh Sekretaris DPRD Nunukan Agustinus Palentek pada Rabu, (3/2).

Agustinus menambahkan keenam ranperda ini selanjutnya akan diserahkan kepada Pemprov Kaltara.

Keenam ranperda yang dimaksudkan yakni penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan dan pengendalian COVID-19, retribusi pelayanan Rumah Sakit Kelas B Pratama.

Baca Juga:  Perusahaan di Nunukan Butuhkan Ribuan Pekerja

Selanjutnya, ranperda retribusi tempat rekreasi/wisata, fasilitasi pencegahan penanganan dan penanggulangan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika/psikotropika/zat adiktif lainnya, penyelenggaraan pendidikan kesantrian, kawasan tanpa rokok.

Sekdakab Nunukan Serfianus yang mewakili Bupati Nunukan menyampaikan substansi masing-masing ranperda telah dibahas dan disempurnakan sesuai dengan kaidah peraturan perundang-undangan tertinggi.

Sesuai Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 diubah menjadi Permendagri Nomor 120 Tahun 2018, pemda mengsahkan peraturan raperda menjadi perda dengan membubuhi tanda tangan setelah difasilitasi dan dievaluasi Gubernur serta telah menerima nomor registrasi dari Pemprov dan Pemerintah pusat.

Serfianus menyatakan setelah disetujui dan disahkan maka keenam perda ini dapat berjalan positif di tengah-tengah masyarakat maupun dalam pelaksanaan pembangunan pemerintah daerah.

Baca Juga:  Kerja Pansus Rampung, DPRD Nunukan Berikan Sejumlah Rekomendasi

Ia mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Nunukan atas persetujuan produk hukum ini dengan penghargaan setinggi-tingginya. (mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here