Rakornas Inflasi 2021: Percepatan Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

PK Online Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Suriansyah bersama Kepala Daerah seluruh Indonesia menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden. Rakornas berlangsung secara daring dari Ruang Rapat Kantor Gubernur, Rabu (25/08).

Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo membuka secara resmi kegiatan yang mengusung Tema “Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan” langsung dari Istana Negara.

Dalam sambutannya Jokowi (sapaan akrab Presiden) menyampaikan meskipun Indonesia saat ini masih berjibaku menghadapi pandemi Covid-19 namun kondisi perekonomian semakin membaik untuk beberapa sektor.
“Kita wajib bersyukur, besyukur meskipun kita masih menghadapi ketidakpastian. Perekonomian negara kita semakin baik, tetapi tetap kita menjaga kewaspadaan,” jelas Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi juga meminta kepada TPIP dan TPID tidak hanya fokus mengendalikan inflasi saja, tetapi juga harus pro aktif mendorong sektor ekonomi yang tumbuh makin produktif.

Presiden Jokowi memaparkan, pada kuartal ke II di 2021, Indonesia mampu tumbuh 7,07% year-on-year dengan tingkat inflasi diangka 1,52% year-on-year. Angka inflasi tersebut ungkap Jokowi jauh di bawah target inflasi 2021 dimana dikisaran 3%.
Selain itu, dijumpai setelah Rakornas Suriansyah menjelaskan secara umum meminta kepada semua daerah khususnya Tim Pengendalian Inflasi Daerah untuj menjaga kestabilan harga ditengah pandemi Covid-19.
“Kita akan menjadwalkan rapat bersama TPIP dan TPID kabupaten/kota untuk mengambil langkah-langkah agar kebutuhan masyarakat ditengah pandemi ini tetap stabil” jelasnya. (el.r/dkisp.kaltara)

Baca Juga:  Pemprov Kaltara Berguru Budidaya Lobster di Lombok, NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here