Program Beasiswa Buncahkan Harapan Anak Muda Kaltara

Program Beasiswa
Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang Dan Polimedia. Foto: saq/diskominfotik

Pos-kaltara.co.id – Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) dengan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta terkait kerjasama beasiswa kepada putera-puteri terbaik Kaltara membuncahkan harapan baru bagi anak-anak muda Bumi Benuanta.

Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tanjung Selor Salman menyambut gembira langkah yang dilakukan Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang atas kepeduliannya dengan dunia pendidikan.

Menurutnya, gebrakan Gubernur menjadi gerakan yang sangat bagus untuk menciptakan Kaltara maju di masa mendatang. ”Langkah Pak Gubernur ini ke depannya akan melahirkan sumber daya manusia yang andal dan kompeten di bidangnya masing-masing,” ujar Salman.

Ketertarikan program beasiswa di Kampus Polimedia Jakarta ini ditunjukkan oleh Sury. Siswi jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMA Negeri 4 Malinau ini mengaku sangat tertarik dan berharap pemerintah memberikan kesempatan untuk dirinya untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Baca Juga:  Gubernur Carikan Solusi Batas Wilayah Kabupaten Berau-Bulungan

”Kebetulan orangtua saya memiliki usaha kecil-kecilan. Dalam hal pengemasan produk, harus diakui kami masih kalah dengan kemasan produk dari luar provinsi dan luar negeri. Ini yang membuat saya tertarik untuk mendapat beasiswa,” sahut Ketua OSIS SMA Negeri 4 Malinau ini.

Nadia, siswi SMA Negeri 1 Tanjung Selor, tak menampik jika program beasiswa yang diberikan pemerintah sangat membantu anak-anak Kaltara dalam mewujudkan mimpinya bersekolah tinggi. Ia berharap nantinya Pemprov Kaltara tidak hanya menjalin kerjasama dengan PoliMedia Jakarta saja.

”Harapannya beasiswa tidak hanya untuk bidang multimedia saja, tapi juga  di bidang lain. Muda-mudi Kaltara tentu memiliki minat, kemampuan, tujuan dan cita-cita yang berbeda. Ada yang berminat di bidang kedokteran, teknologi, seni, bahkan olahraga. Mereka juga membutuhkan perhatian dari pemerintah,” ujar Nadia yang pernah menerima beasiswa Kaltara Cerdas tersebut.

Baca Juga:  39,4 Persen Masyarakat Kaltara Yakin ZIYAP Menang

Anggota Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bulungan ini juga meminta agar akses dan informasi mengenai beasiswa yang telah disediakan oleh pemerintah dapat dengan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat Kaltara, khususnya mereka yang membutuhkan.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tanjung Selor Supriyono menilai langkah Pemprov Kaltara yang berinisiatif meningkatkan pengemasan produk UMKM lokal patut untuk diapresiasi dan didukung. Pria yang akrab disapa Supri ini menambahkan, beasiswa yang disediakan oleh pemerintah sangat cocok dengan jurusan yang ada di SMKN 1 Tanjung Selor, yakni kuliner dan pariwisata.

”SMKN 1 Tanjung Selor memiliki delapan jurusan keahlian, di antaranya tata boga dan pariwisata. Jurusan ini cocok sekali dengan rencana yang digagas terkait kerjasama Pemprov Kaltara dengan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta,” ujar Supri.

Baca Juga:  Cagub Zainal Main Futsal, Milenial Bulungan: Pak Gubernur Hebat

Mantan guru mata pelajaran Pendidikan Jasmani ini berharap pemerintah getol menyebarluaskan informasi beasiswa di Kampus PoliMedia Jakarta ini secara masif agar diketahui khalayak Kaltara, terutama siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi serta orangtuanya.

”Sebagai pendidik, Saya sangat mengapresiasi langkah Gubernur dan Wakil Gubernur untuk meningkatkan kualitas anak-anak muda Kaltara dengan menjalin kerjasama pendidikan dengan kampus di luar sekaligus mengangkat potensi perekonomian Kaltara dalam hal pengemasan produk dan pariwisata,” papar Supri.

”Hanya saja informasi ini belum tersampaikan ke siswa-siswa secara merata. Harapannya, informasi beasiswa ini disosialisasikan melalui sosial media. Kita tahu efek media sosial sehingga memberikan kemudahan kita semua untuk mencari dan menyampaikan beasiswa itu ke anak didik,” pungkasnya. (saq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here