Ponpes Mutiara Bangsa Wisuda Perdana Al Iktisyaf

Pos-Kaltara.co.id – Pondok Pesantren Mutiara Bangsa Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kaltara pertama kali mewisuda santri pada program Al Iktisyaf (kitab kuning).

Salah seorang pengasuh Ponpes Mutiara Bangsa, Rahmat, SPd menerangkan, Al-Iktisyaf merupakan suatu metode akselerasi membaca kitab kuning yang terdiri dari dua jilid yang mana didalamnya memuat kaidah ilmu nahwu ( nadzam imrity ) dan ilmu sharf.

Metode ini memiliki ciri khas yang sangat unik; yaitu terciptanya suatu sistem demonsntrasi (tanya-jawab) dengan menggunakan kitab Fathul Qorib sebagai bahan tajribiyah (praktik), sebut dia.

Baca Juga:  FGD BKIPM, Perlu Aturan Khusus Ekspor-Impor Wiltas Nunukan

Sistem tajribiyah adalah salah satu cara untuk membuat peminat kitab kuning menjadi lebih mudah dalam berinteraksi. Baik dalam kecepatan dan ketepatan membaca serta kemampuan mempertanggungjawabkan bacaannya.

Ia menambahkan, terdapat 10 santri dari ponpes ini yang mengikuti program tersebut dan dinyatakan lulus dalam tahao evaluasi menjelang wisuda.

Nama-nama yang lulus terdiri dari lima santri putra dan lima putri yaitu

1. Muhammad Fahmi (Tawau)
2. Muh. Erdin Pratama (Tawau)
3. Muhammad Nizam (Tawau)
4. Muh. Refky Setiawan (Sebatik)
5. Ahmad  Zulhisham (Sebatik)
6. Nur Fadhilah Muslim (Sebatik)
7. Nurulaeni (Nunukan)
8. Nurul Huda (Tawau)
9. Nur Afiqoh (Sebatik)
10. Fatimatuz Zuhro (Nunukan)

Ke-10 santri ini, sebelumnya di seleksi dari 40 orang yang mengikuti program Al Ikhtisyaf yang dipandu oleh dua penguji masing-masing ust Imam Syafi’e dan Ust. Ahmad Khoiri S.Sy.

Baca Juga:  Pengembangan Sektor Perikanan, Pertanian dan Perkebunan Skala Prioritas Paslon Amanah

Wisuda yang dirangkaikan dengan pelaksanaan Isra Miraj ini dengan hikmah memahami pengetahuan agama Islam berdasarkan sumber dan rujukan Kitab Kuning yang dikarang oleh ulama, melalui Kitab Kuning diharapkan santri memahami Al Quran dan hadist serta cabang-cabangnya dengan kaidah yang benar agar tidak memahaminya secara keliru.

Kemudian, program Al Ikhtisyaf ini dapat memberikan kepercayaan diri seseorang dalam mendakwahkan agama Islam serta memgamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Semiga mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat berkah dan menjadi inspirasi bagi santri dan penggemar Kitab Kuning. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here