Permudah Layanan Medis COVID-19, BNPB Janjikan Nunukan 2 Alat PCR

Kujungan Kerja Kepala BNPB di Kabupaten Nunukan
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo (Tengah) didampingi Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid (kiri) saat dialog dengan instansi terkait pada Selasa malam (30/3)

Pos-Kaltara.co.id – Mendapatkan keluhan lambatnya pelayanan COVID-19 di Kabupaten Nunukan akibat belum memiliki alat PCR (polymerase chain reaction) maka Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjanjikan bantuan dua alat tersebut.

Alat PCR ini digunakan untuk mempercepat pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus korona.

Kepala BNPB sekaligus Ketua Umum Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo merespon keluhan tersebut dengan menyatakan akan membantu Kabupaten Nunukan dua alat PCR.

Ia katakan laporan dari Pemkab Nunukan melalui Kadis Kesehatan dr Mainstar Tololiu pada rapat koordinasi pada Selasa Malam (30/3) bahwa daerah ini membutuhkan alat PCR.

Baca Juga:  Pelaku Usaha Sampaikan 15 Poin Rekomendasi, Ini Kata Gubernur

Informasinya, lanjut Doni, pemeriksaan swab harus dibawa ke Kota Tarakan terlebih dahulu sehingga membutuhkan waktu dan proses yang lama.

Oleh karena itu, Doni Monrdo menyatakan BNPB akan memberikan bantuan alat PCR bersama dengan Kabupaten Malinau dalam waktu dekat ini. “Semoga dengan keberadaan alat PCR di daerah ini dapat mempercepat pemeriksaan swab bagi pasien untuk mengetahui konfirmasi COVID-19,” kata mantan Danjen Kopassus ini.

Ia menambahkan Pemerintah sangat serius melakukan pencegahan dan percepatan penanganan bagi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dengan memberikan bantuan alat deteksi terutama PCR.

Baca Juga:  Pemkab Nunukan Tak Konsisten Terhadap Pembayaran Media, Diduga Ada Konspirasi

Apalagi, Kabupaten Nunukan yang terletak di wilayah perbatasan negara dianggap sangat rawan terjadinya penularan COVID-19 lebih cepat. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here