Pengembangan Sektor Perikanan, Pertanian dan Perkebunan Skala Prioritas Paslon Amanah

Paslon Bupati-Wakil Bupati Nomor urut 01
Calon Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah telah meninggalkan rumah dinas di KPN Sedadap, Jumat malam (25/9)

POS-KALTARA.CO.ID – Tiga sektor yang diyakini dapat mengangkat perekonomian masyarakat Kabupaten Nunukan di tengah pandemi COVID-19 ini, maka pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Nunukan nomor urut 01 Hj Asmin Laura-H Hanafiah bertagline AMANAH akan menjadikannya skala prioritas pada pemerintahan berikutnya.

Ketiga sektor yang dimaksudkan tersebut adalah perikanan, pertanian dan perkebunan. Untuk sektor perikanan dikhususkan pada budidaya rumput laut dan modernisasi alat tangkap ikan, pertanian pada pemberdayaan masyarakat pada agrobisnis dan perkebunan kelapa sawit.

Menanggapi hal ini, calon Wakil Bupati Nunukan nomor urut 01 ini, H Hanafiah menjelaskan, tiga sektor ini sangat potensial mengangkat perekonomian masyarakat di tengah-tengah terbatasnya suplai keuangan dari Pemerintah Pusat.

Ia mengakui, ketiga sektor ini paling tinggi dalam menjaga daya beli masyarakat saat sekarang ini dimana kondisi keuangan negara yang sangat terbatas yang berdampak pada pembangunan lokal yang menurun.

Baca Juga:  Lanal Nunukan Apresiasi Tingginya Kesadaran Warga Ikut Vaksinasi

Contohnya, budidaya rumput laut yang berkontribusi besar terhadap ekonomi kerakyatan sehingga perekonomian masyarakat tidak terlalu terpengaruh keterbatasan anggaran pemerintah. Begitu pula dengan produksi kelapa sawit yang masih tinggi mampu dipertahankan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nunukan.

Hanafiah menyatakan, pada periode sebelumnya pengembangan ketiga sektor ini belum maksimal disebabkan kondisi keuangan yang sangat terbatas. Terutama pada dana transfer dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Kaltara yang sangat minim.

“Periode sebelumnya, pada periode sebelumnya ketiga sektor ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan kemampuan anggaran daerah tetapi kita akui mungkin belum maksimal sehingga masih banyak yang perlu ditingkatkan pada periode kedua ibu Laura,” sebut dia.

Hanafiah beralasan, sesuai katakter masyarakat Kabupaten Nunukan yang terdiri dari pulau-pulau memang dibutuhkan komitmen bersama dalam memajukan ketiga sektor ini.

Baca Juga:  Pengusaha Bantu 100 Tabung Oksigen, Gubernur Kaltara Sampaikan Apresiasinya

Terutama dalam peningkatan produksi pertanian dan perkebunan serta modernisasi alat tangkap ikan dan budidaya rumput laut, sebut Hanafiah pada Selasa, 29 September 2020.

Ia mencontohkan, Pemkab Nunukan telah berupaya maksimal dalam mengangkat produksi kelapa sawit milik masyarakat.

Hanafiah mengakui, ketiga sektor ini sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat di Kabupaten Nunukan.

“Ketiga sektor ini yang paling banyak mempengaruhi perekonomian masyarakat Nunukan makanya penting untuk dimaksimalkan pengembangannya,” ungkap Hanafiah yang lebih berpengalaman dalam menata ekonomi kerakyatan.

Ia juga katakan, apabila ketiga sektor ini dapat lebih maju maka otomatis pendapatan daerah juga dapat ditingkatkan. Meskipun penarikan retribusi pada ketiga sektor ini belum maksimal juga.

Oleh karena itu, ke depannya perlu dirembukkan lagi soal penarikan retribusi pada ketiga perikanan, pertanian dan perkebunan dengan skema yang tidak memberatkan masyarakat, beber mantan birokrasi ini.

Baca Juga:  Hanura-PKB di Nunukan Komitmen Dukung Udin Hianggio-Undunsyah

Terkait dengan pengembangan ketiga sektor ini telah dituangkan dalam visi misinya yang disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Hal ini sesuai dengan anjuran Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada seluruh calon kepala daerah pada pilkada serentak 2020 ini.

Bahwa visi misi setiap calon kepala daerah tidak dibenarkan keluar dari koridor RPJPD masing-masing yang sudah disetujui oleh Pemerintah di pusat.

Berbicara soal peningkatan retribusi daerah, Hanafiah akan membuat konsep dengan skema yang saling menguntungkankan antara masyarakat dengan pemda.

“Kami bersama Ibu Laura (Hj Asmin Laura Hafid) akan membuat skema baru untuk pengembangan ketiga sektor ini dalam rangka mengangkat pendapatan daerah ke depannya,” ungkap dia. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here