Pemkab Nunukan Siap Jalani Pemeriksaan Interim LKPD dari BPK RI

Entry Meeting Pemkab Nunukan dengan BPK RI
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid mengikuti entry meeting dengan BPK RI secara virtual pada Senin (1/2)

Pos-Kaltara.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan bersedia menjalani pemeriksaan interim terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

Hal ini diungkapkan Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid saat memberikan testimoni pada entry meeting secara virtual dengan Ketua BPK RI Perwakilan Kaltara dengan seluruh bupati dan walikota se Kaltara di Lantai IV Kantor Bupati Nunukan, Senin, (1/2)

Pemeriksaan yang akan dilakukan BPK RI dalam waktu dekat ini juga berkaitan dengan bantuan bagi partai politik tahun anggaran 2020.

Baca Juga:  Cegah COVID-19, Bupati Nunukan Ajak Masyarakat Tak Ragu Divaksin

Entry meeting virtual dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, Plt Inspektur Inspektorat H Asmar, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Drs Raden Iwan Kurniawan dan beberapa pimpinan perangkat daerah lainnya.

Pemeriksaan interim atau audit pendahuluan LKPD TA 2020 untuk memantau tindak lanjut atas hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, terutama temuan yang mempengaruhi opini, terang Laura.

Kemudian berkaitan dengan penilaian efektivitas sistem pengendalian internal (SPI) dalam penyusunan laporan keuangan, pengujian substantif terbatas pada transaksi/saldo akun-akun untuk menilai kewajaran saldo dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dengan prioritas pada akun tertentu.

Laura mengatakan entry meeting ini untuk memberikan informasi awal terkait jadwal dan mekanisme pemeriksaan terhadap LKPD Kabupaten Nunukan TA 2020 sekaligus menerima arahan dari Kepala Perwakilan BPK Kaltara Agus Priyono.

Baca Juga:  Bupati Nunukan: Tingkatkan Amal Ibadah di Tengah Pandemi COVID-19

“Pada intinya Pemkab Nunukan telah siap mengikuti pemeriksaan interim dari BPK RI,” ungkap dia. (mt)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here