Pemkab Nunukan Dukung Pencanangan ZI Oleh BPK RI

Pencanangan Zona Integritas Oleh BPK RI
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura didampingi sejumlah pimpinan OPD saat entery meeting dengan BPK Perwakilan Kaltara pada Senin (1/2)

Pos-Kaltara.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kaltara menyokong rencana Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltara merencanakan pencanangan zona integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“Pada dasarnya kami dari Pemkab Nunukan sangat menyokong rencana BPK RI mencanangkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi,” ujar Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid saat entry meeting secara virtual dengan BPK RI Perwakilan Kaltara di Lantai IV Kantor Bupati Nunukan, Senin (1/2).

Sebelumnya Ketua Perwakilan BPK RI di Kaltara, Agus Priyono menyatakan akan melakukan pencanangan zona integritas tersebut pada seluruh kabupaten/kota di wilayah kerjanya menuju WBK.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Minta Pemda Hati-Hati Lonjakan COVID-19

Ia pun meminta dukungan dari Bupati dan Walikota se Kaltara untuk mewujudkan programnya tersebut dengan harapan upaya transparansi penggunaan anggaran dapat dilakukan dengan maksimal.

BPK RI perwakilan Kaltara bukan lagi mendorong pemerintah daerah tetapi mewujudkan penggunaan anggaran daerah secara transparan sehingga dibutuhkan komitmen bersama untuk meminimalisir penyalahgunaan penggunaan anggaran.

Agus menambahkan, BPK RI melakukan pemeriksaan interim terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) setiap tahun sebagai bagian dari bentuk pengawasan dan evaluasi terhadap anggaran daerah.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh Bupati-Wali Kota agar benar-benar mempersiapkan diri dengan memperbaiki sistim pelaporan keuangannya setiap perangkat daerah di wilayah masing-masing. (mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here