Lumbis Hulu Tercepat Rampungkan Pencoklitan Pemilih

Pencoklitan Pemilih di perbatasan Malaysia-Indonesia di Pulau Sebatik
PPDP Desa Sei Limau Kecamatan Sebatik Tengah sedang mencoklit pemilih yang tinggal di wilayah Malaysia, Kamis (23/7)

POS-KALTARA.CO.ID – Proses pencoklitan data pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sedang berlangsung tetapi Kecamatan Lumbis Hulu Kabupaten Nunukan telah merampungkannya lebih awal sebelum waktu berakhir.

Hal ini terjadi karena jumlah pemilih di kecamatan yang berada di tapal batas negara ini jumlahnya hanya sedikit.

Pencoklitan data pemilih ini sebagai salah satu tahapan pelaksanaan pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara dan Bupati-Wakil Bupati Nunukan sebelum pelaksanaan pemungutan suara yang dihelat 9 Desember 2020.

Ini dikemukakan oleh Ketua KPU Nunukan, Rahman pada Kamis (23/7) bahwa ada satu kecamatan telah rampung pemutakhiran data pemilih yakni di Kecamatan Lumbis Hulu. Kecamatan ini juga merupakan hasil pemekaran baru dari Kecamatan Lumbis Ogong.

Baca Juga:  Wabup Nunukan Minta ASN Aktif Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19

Hasil pencoklitan tersebut sisa menunggu diplenokan pada tingkat panitia pemungutan suara (PPS) untuk diteruskan pada tingkat kecamatan sebelum dipelnokan di KPU Nunukan.

Namun, kata dia, pleno hasil pemutakhiran di kecamatan tersebut tetap menunggu kecamatan lainnya sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh regulasi pilkada serentak 2020. Batas akhir prmutakhiran data pemilih pilkada serentak kali ini hingga 13 Agustus 2020.

Rahman menyebutkan, data pemilih yang dimutakhirkan di Kecamatan Lumbis Hulu memang jumlahnya tergolong sedikit hanya 400 orang lebih yang tersebar pada 10 tempat pemungutan suara (TPS) di 10 desa. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here