Laura Harapkan Festival Aco Lundayeh Mampu Berikan Manfaat Bagi Semua Masyarakat

PK OnlineBupati Nunukan Hj.Asmin Laura Hafid menghadiri Festival Aco Lundayeh ke II yang digelar secara Virtual di Lantai V Kantor Bupati pada Sabtu (17/07).

Dalam sambutannya, Laura mengatakan, badan pusat statistik (BPS) saat ini mencatat setidaknya terdapat 1300 kelompok suku yang ada di Indonesia.

Suku Daya Lundayeh yang berasal dari Provinsi Kalimantan Utara, Krayan, Kabupaten Nunukan adalah bagian dari keberagaman suku dan etnis yang memiliki khasanah tersendiri sebagai aset sekaligus modal berharga untuk membangun bangsa ini.

“Dayak Lundayeh adalah satu diantara ribuan kelompok suku yang senantiasa siap memberi kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara ini.

Selama puluhan tahun, lanjut Laura, Dayak dan budayanya telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembangunan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). ,” katanya.

Laura menuturkan selama ini Putra-putri terbaik Dayak Lundayeh yang tersebar di hampir seluruh pelosok negeri telah memberikan prestasi pengabdian terbaiknya di berbagai bidang kehidupan baik di pendidikan, kesehatan, politik, pemerintahan, sosial dan bidang-bidang lainnya.

“Dayak Lundayeh berkomitmen dan konsisten dalam menjaga dan memelihara nilai-nilai kearifan lokal, norma dan budaya yang selama ini berkembang di tengah masyarakat,” tutur Laura.

Artinya, suku dan budaya Dayak Lundayeh dilandasi oleh rasa persaudaraan gotong royong dan semangat untuk menjaga keseimbangan alam inilah yang menjadi guidance atau panduan bagi masyarakat Dayak Lundayeh dalam menjalani kehidupan.

“Diwariskan dari satu generasi kepada generasi berikutnya sehingga terjadi sambung rasa secara terus-menerus dan kesinambungan rasa inilah yang menjadi salah satu kata kunci dari gagasan untuk menggelar Festival Aco Lundayeh pada tahun ini,” papar Laura.

Walaupun kegiatan digelar secara virtual, Laura berharap Festival Aco Lundayeh dapat menjadi sarana untuk tampil dan memperkenalkan dirinya kepada khalayak ramai melalui berbagai atraksi seni dan budaya kearifan lokal.

“Mudah-mudahan Festival Aco Lundayeh kedua ini membawa kegembiraan bagi seluruh warga Dayak Lundayeh dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Nunukan,” harap Laura

Kita, katanya lagi, masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum reda, namun, dia berharap hal itu tidak mengurangi semangat dan kebahagiaan seluruh warga Dayak Lundayeh yang ada di seluruh Indonesia maupun luar negeri.

Kegiatan Festival Aco Lundayeh ke II juga dihadiri secara Virtual oleh Gubernur Kaltara, H. Zainal A. Paliwang dan Wakil Gubernur Kaltara, Yansen TP yang juga merupakan Ketua Umum Persatuan Dayak Lundayeh (PDL) Pusat.
Penulis: Muhammad Syukri

Baca Juga:  KPU Nunukan: Parpol Dapat Mengganti Bakal Calon Usungan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here