Kejar Target 30 Persen KIA, Disdukcapil Nunukan Jalin Kerja Sama Dengan Pihak Ke-3 Berikan Discount

Kepala Disdukcapil Nunukan Akhmad di Ruang Kerjanya, Senin (9/08). Foto: Poskaltara

PK OnlinePemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) melalui  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menargetkan segera capai 30 persen Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Nunukan Akhmad meyebutkan telah mencetak sekitar 21 ribu KIA hingga saat ini  dan terus berupaya melakukan pendataan dan pencetakan KIA demi tercapai target pemerintah Kabupaten Nunukan.

“Saat ini ita sudah terbitkan sekitar 21 ribu KIA dan terus bertambah,” Kata Akhmad saat ditemui di ruang Kerjanya pada Senin (9/08).

Ia menuturkan pengurusan KIA tidak susah karena hanya membutuhkan kartu keluarga (KK) dan akta lahir. Hanya saja, saat ini sedikit terhambat dengan tidak berjalannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sehingga pendataan anak usia sekolah tidak dapat dilakukan.

Baca Juga:  KPU Nunukan Tetapkan Nomor Urut Cabup-Cawabup

“Data anak-anak untuk kita buatkan KIA sudah ada, kita dapat dari Dapodik tetapi tidak ada foto jadi belum  kita cetakkan KIA-nya,” kata Akhmad.

Ia mangaku ragu mencetak KIA yang tidak memiliki foto namun Disducapil Nunukan tetap akan mencetak KIA meskipun nantinya harus mencetak ulang jika foto anak telah lengkap.

“Kita tetap mencetak meskipun tidak ada foto. Ini demi capai target 30 persen yang tinggal sedikit lagi,” paparnya.

Ditanyai mengenai manfaat KIA, Akhmad menyebutkan tidak ada bedanya dengan KTP yang dapat digunakan sebagai  kelengkapan dokumen. Selain itu, untuk saat ini anak yang telah memiliki KIA akan memperoleh discount dari kolam renang LA.

Baca Juga:  Waspada Sejak Dini, TP-PKK Kaltara Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana

“Ke depannya, kita akan coba menjalin  kerja sama dengan took-toko buku, pakaian dan lain-lain,” tambahnya.

Ia berharap, kepala sekolah dan perangkat pemerintah di tingkat kecamatan hingga RT dapat membantu dalam pemenuhan kelengkapan dokumen anak khususnya foto anak  sehingga semua anak dapat memperoleh manfaat KIA.(***)

Penulis: Muhammad Syukri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here