Ingat! Hindari Penggunaan Barang Secara Bersama-sama, Virus Korona Senang Hidup Pada Suhu Dingin

Penularan Virus Korona
Foto Kolase Doc

Jakarta – Ternyata virus corona COVID-19 bisa bertahan hidup pada suhu dingin dan harus ingat tidak menggunakan barang atau benda secara bersama-sama.

Sebab, virus ini dapat menular dari berbagai benda dan bisa bertahan hidup pada beberapa benda dalam waktu yang lama dalam kondisi suhu dan situasi tertentu.

Dokter Relawan COVID-19, dr Fajri Adda’i mengatakan, virus korona bisa bertahan hidup dalam jangka waktu cukup lama tergantung pada suhu dan jenis barang itu sendiri.

“Semakin suhunya dingin, maka virus akan makin kuat. Semakin panas suhunya maka semakin sebentar pula umur virus,” ujar dia.

Baca Juga:  Clossing Statement Debat Publik II, Zainal-Yansen Ungkap Puluhan Miliar Anggaran Pemprov Kaltara di Proyek Mangrak

“Misal pada katun dalam kondisi panas, mungkin kurang dari 16 jam. Kalau suhunya dingin sekira 20 derajat, kuman bisa bertahan hampir dua minggu. Ada lagi di paper bank notes,” terang dr. Fajri, saat dihubungi Okezone dikutip PosKaltara.co.id pada Jumat, 1 Desember 2021.

“Kalau suhunya 30 derajat bisa bertahan 21 hari. Kalau dingin yaitu 20 derajat celcius bisa bertahan 1 bulan lebih,” tambah dia.

Dokter Fajri menjelaskan suhu rata-rata harian berkisar antara 25,26,27, hingga 28 derajat. Ini adalah suhu ruangan. Kalau menggunakan Air Conditioner (AC) seperti di kantor atau hotel, bisa saja 20 derajat sehingga kuman bisa hidup lebih lama.

Baca Juga:  Hooorrrreeeee! Citilink dan Lion Air Mulai Terbang Lagi

“Intinya harus rajin cuci tangan dan minimalisasi penggunaan barang-barang secara bersama-sama,” tutup dr Fajri. (***)

Editor: M Rusman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here