Hadiri Panen Rakyat, Gubernur Kaltara Dorong Produktifitas Petani dan Peladang

Panen Rakyat
Gubernur Hadiri Pesta Panen Rakyat, Sabtu (01/05). Foto: saq

PK Online – Masyarakat Desa Long Sam merayakan dengan meriah Acara Selesai Panen masyarakat bersama dengan Gubernur Zainal A. Paliwang.

Suka cita hadir di tengah masyarakat sembari menyambut kedatangan orang nomor satu di Kalimantan Utara (Kaltara) ini dengan penyematan Sa’ung serta arak-arakan membawa pria kelahiran makassar tersebut di atas sebuah perahu kayu.

“Saya ucapkan selamat kepada semua warga Desa Long Sam atas keberhasilan panen pada tahun ini, saya menyambut baik dan turut bergembira serta bersyukur kepada Allah,” ujar Gubernur dalam sambutannya, Sabtu (01/05).

Baca Juga:  TGUPP Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi dan PTM Di Kaltara

Melihat keberhasilan tersebut, Gubernur Zainal berharap agar para petani dan peladang dapat terus meningkatkan kemampuan, serta diharapkan pula peranan pemerintah dalam membagikan bibit dapat menjadi pendorong semangat untuk memajukan pertanian desa.

Di sisi lain, dengan potensi lahan yang luas untuk dijadikan persawahan, serta antusias masyarakat dalam melakukan cocok tanam sangat memungkinkan untuk mendapatkan produksi yang lebih banyak.

“Jika dilihat dari lahan, serta semangat warga desa dalam membentuk kelompok-kelompok persawahan sangat berpotensi untuk mengejar dua bahkan tiga kali produksi dalam setahun,” ujarnya.

Selain itu, adanya program dalam melakukan budidaya lebah madu Kelulut, merupakan salah satu hal yang sangat baik untuk dikembangkan.

Baca Juga:  Gubernur: HMI Tanjung Selor Harus Beri Energi Positif

“Program inovasi desa berupa budidaya trigona itama atau lebah madu kelulut yang memiliki khasiat lebih dibandingkan madu biasa sangat bagus untuk obat tradisional, dan secara ekonomi memiliki harga yang tinggi,” bebernya.

Khaeron Habibie selaku Kepala Desa Long Sam mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan pemerintah dalam ikut serta meningkatkan jumlah produksi di Desa Long Sam ini.

“Hari ini kami merasa bersyukur, bangga, dan seakan bermimpi karena Bapak bersedia datang diacara yang sederhana ini dalam keadaan puasa di tengah kesibukan dan padatnya jadwal”, ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Bulungan Syarwani, Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, dan Camat Tanjung Palas Barat. (saq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here