Pembentukan Kartini ZIYAP di Nunukan
Ketua Kartini ZIYAP Nunukan, Hj Saturiah bersama anggota relawannya

POS-KALTARA.CO.ID – Pasangan Cagub-Cawagub Kaltara Zainal A Paliwang-Yansen TP membentuk relawan yang terdiri dari emak-emak guna memenangkan Pilgub Kaltara 2020.

Emak-emak yang tergabung dalam Kartini ZIYAP Nunukan ini diketuai oleh Hj Saturiah istri dari pengusaha sukses Kabupaten Nunukan, Haji Batto.

Keberadaan Kartini ZIYAP ini tentunya ingin memenangkan pasangan Zainal A Paliwang-Yansen TP menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara periode 2021-2024.

Berkumpulnya emak-emak Nunukan dalam komunitas Kartini ZIYAP akan memberikan mesin penggerak bagi Paslon nomor urut 3 ini.

Dimana, emak-emak tersebut berkomitmen memenangkan Paslon ini dengan bergerak masif di seluruh penjuru Kabupaten Nunukan.

“Ada berbagai alasan kenapa kami percaya kepada ZIYAP hingga berinisiatif membentuk Kartini ZIYAP Nunukan beberapa waktu lalu. Pertama karena salah satu tujuan dari pasangan nomor urut 3 ini adalah untuk lebih memberdayakan peran wanita perbatasan,” tutur Hj. Saturiah selaku Ketua Kartini ZIYAP Nunukan pada Rabu (30/9).

Baca Juga:  Cawagub Yansen TP: Bantuan Keuangan Provinsi Wajib Dinikmati Kabupaten/Kota

Ia melihat banyak sektor perekomiaan yang dapat dilakukan oleh kaum wanita yang sesuai dengan visi misi ZIYAP yang bisa dikembangkan melalui pemberdayaan emak-emak ini.

Misalnya, UMKM yang bisa dikerjakan oleh emak-emak di rumah. Pemberdayaan wanita tentunya dapat mengangkat perekonomian keluarga dan masyarakat secara umum.

“Ketika ada calon pemimpin yang bersedia dan kami anggap mampu mewujudkanya, kenapa tidak kami mendukung? Karena apabila UMKM dan usaha dapat lebih bergeliat, tentu hasilnya bukan hanya kepada pelaku usaha itu, tapi akan berimbas pada geliat perekonomian masyarakat di perbatasan ini,” kata Saturiah.

Baca Juga:  Pengusaha Bantu 100 Tabung Oksigen, Gubernur Kaltara Sampaikan Apresiasinya

Alasan lain emak-emak Kabupaten Nunukan siap memenangkan Paslon ZIYAP karena calon wakilnya yakni Yansen TP adalah putera terbaik Kalimantan Utara yang lahir di Krayan.

“Secara emosional beliau tentu lebih peka dan mengerti solusi dari permasalahan di perbatasan ini,” ungkap dia.

Kartini ZIYAP Nunukan ini dibentuk dengan swadaya karena keinginannya ada perubahan dan kemajuan Provinsi Kaltara pada masa yang akan datang.

Saat ini, anggota dari Kartini ZIYAP Nunukan masih sebatas di Pulau Nunukan tetapi dalam waktu dekat ini akan dibentuk pula di Pulau Sebatik, wilayah 3 dan Krayan.

Baca Juga:  RDP DPRD Nunukan, Titik Terang Di Balik Carut Marut Sengketa Lahan

Adapun anggota Kartini ZIYAP dari berbagai latar belakang, etnis, agama hingga pekerjaan. “Nunukan ini bukan hanya milik saya, anda atau mereka, tapi milik kita semua. Itulah juga alasan Kartini ZIYAP dibentuk. Yakni untuk mempererat keharmonisan kita, apapun latar belakangnya,” sebut Saturiah. (Im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here