DPRD Nunukan Pertanyakan Legalitas Pelabuhan Penyeberangan Gunung Patak

Legalitas Pelabuhan Gunung Patak Kecamatan Sebuku Dipertanyakan
Legislator Nunukan asal Partau Hanura, Karnaen

Pos-Kaltara.co.id – Keberadaan Pelabuhan penyeberangan Gunung Patak di Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan dipertanyakan Karnaen, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nunukan.

Pada Selasa, (9/2) dia menyoroti sikap Dishub yang dianggap kurang tegas terhadap maraknya penyeberangan ilegal yang berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD).

Legislator asal dapil III ini menilai, dermaga tersebut ternyata tidak memiliki izin operasional sementara beroperasi terus sampai sekarang. “Sudah ada setahun Dermaga Penyeberangan Gunung Patak (Sebuku) ini difungsikan padahal statusnya ilegal,” terang Karnaen.

Pelabuhan Gunung Patak ini terbuat dari batang kayu ukuran besar, sehingga tidak bisa dijamin keselamatan penumpang.

Baca Juga:  Anggota DPRD Nunukan, Hamsing Ajak Masyarakat Ikut Vaksin COVID-19

“Pada pekan lalu kami DPRD Nunukan saat melakukan kunjungan kerja di wilayah tersebut, kami mendapati bahwa jalur tersebut sangat tidak layak. Dari segi keamanan tidak ada jaminan, bahkan jalur untuk dilalui kendaraan juga saya pikir tidak layak,” terang dia.

Sehubungan dengan keberadaan pelabuhan ini, dia minta ketegasan Dishub Nunukan agar segera merumuskan kebijakan terkait dermaga pelabuhan ini. Sebab pelabuhan yang dibangun Pemkab Nunukan malah tidak dioperasikan lagi sehingga perlu difungsikan lagi.

Pelabuhan penyeberangan milik Pemerintah tersebut bernama “Yaki Bitawol” sebagai jalur penyeberangan transportasi laut. Pelabuhan ini sudah cukup lama dibangun sekira empat tahun lalu.

Baca Juga:  Jam Malam Mulai Berlaku, 349 Pasien COVID-19 Sembuh di Nunukan

“Dishub harus segera memfungsikan fasilitas resmi tersebut. Sayang hanya mangkrak begitu saja. Juga harus mulai dipikirkan retribusi tarif yang menyesuaikan kemampuan masyarakat. Agar masyarakat bisa terfasilitas dengan baik. Keamanannya juga turut terjaga,” tambah Karnaen. (mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here