Penetapan Paslon Bupati-Wakil Bupati Nunukan
KOmisioner KPU Nunukan rapat pleno internal saat penetapan paslon Bupati-Wakil Bupati Nunukan Hj Asmin Laura-H Hanafiah pada 24 September 2020. Foto: Doc

POS-KALTARA.CO.ID – H Danni Iskandar-h Muhammad Nasir ditetapkan menjadi psangan calon Bupati-Wakil Bupati Nunukan untuk pilkada serentak 2020 oleh KPU Nunukan, Minggu (4/10).

Sebelumnya, sesuai tahapan pilkada serentak 2020 paslon ini tidak ditetapkan karena bakal cawabupnya masih dalam perawatan virus korona. Oleh karena itu, KPU Nunukan hanya menetapkan satu paslon pada 25 September 2020 yakni Hj Asmin Laura-H Hanafiah.

Setelah bacawabup Muhammad Nasir dinyatakan sembuh dari virus korona (COVID-19) berdasarkan hasil pemeriksaan swab dua kali berturut-turut negatif, maka diberikan rekomendasi untuk mengikuti tahapan pilkada selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan dan tes psikologi.

Kemudian, hasil pemeriksaan kesehatan dan tes psikologinya terbit dari RSUD Tarakan dinyatakan memenuhi syarat sehingga dilanjutkan verfikasi dokumen syarat pencalonan dan syarat calon.

Baca Juga:  Bupati Nunukan Resmikan 8 Gedung Belajar Baru

Hasil verifikasi dokumen tersebut dinyatakan memenuhi syarat maka ditetapkan menjadi pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Nunukan, terang Divisi Teknis Penyelenggara KPU Nunukan, Kaharuddin melalui pesan tertulisnya, Minggu (4/10).

“Berkas persyaratannya sudah memenuhi syarat jadi kita tetapkan menjadi paslon Bupati-Wakil Bupati Nunukan,” ujar dia. Paslon Bupati-Wakil Bupati Nunukan yang baru ditetapkan tersebut adalah H Danni Iskandar-H Muhammad Nasir.

Sebelumnya telah menetapkan paslon Bupati-Wakil Bupati Nunukan lainnya yakni Hj Asmin Laura Hafid-H Hanafiah sekaligus ditetapkan nomor urutnya yakni 01.

Baca Juga:  Penerbangan SOA Nunukan-Long Bawan Krayan TA 2021 Segera Diluncurkan

“Iya kita sudah tetapkan satu lagi yakni H Danni Iskandar-H Muhammad Nasir sebagai pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Nunukan setelah sebelumnya Hj Asmin Laura-H Hanafiah kita juga sudah tetapkan sesuai tahapan pilkada menjadi paslon dan nomor urutnya,” ujar Kaharuddin.

Penetapan paslon Danni-Nasir ini, lanjut dia, setelah seluruh dokumen syarat pencalonan dan syarat calon telah diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat. Paslon ini, sempat tidak ditetapkan sesuai jadwal tahapan karena cawabupnya masih dalam perawatan COVID-19.

Setelah mendapatkan pemberitahuan bersangkutan telah dua kali pemeriksaan swab dan berturut-turut dinyatakan negatif maka diberikan rekomendasi untuk menjalani tes kesehatan dan psikologi.

Baca Juga:  Masyarakat Diminta Tanggapi DPS Pilgub Kaltara, KPU Kaltara Akan Umumkan

“Besok malam baru penetapan nomor urutnya,” beber Kaharuddin.

Sekadar diketahui, pilkada serentak 2020 di Kabupaten Nunukan hanya diikuti dua paslon yaitu Hj Asmin Laura-H Hanafiah dengan nomor urut 01. Diusung oleh Partai Hanura, Golkar, Gerindra, PDIP, Nasdem, Perindo. Didukung dua parpol non parlemen yakni PKB dan Gelora.

Kemudian paslon H Danni Iskandar-H Muhammad Nasir diusung partai politik Demokrat, PKS, PPP dan PBB. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here