Bupati Nunukan: Jangan Pandang Enteng Anak Muda Sekarang

Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Poltek Negeri Nunukan
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid Jadi pemateri pada latihan kepemimpinan mahasiswa Poltek Negeri Nunukan,

Pos-Kaltara.co.idBupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menegaskan anak muda sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata karena sudah banyak yang jadi pemimpin saat ini.

Hal ini disampaikan saat memberikan materi pada pelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan mahasiswa Poltek Negeri Nunukan bertempat di Aula Pertemuan kampus tersebut pada Jumat (26/3).

Mengawali materi yang disampaikan, Bupati Nunukan minta maaf karena agak kaku dalam memberikan materi disebabkan tidak terbiasa jadi guru atau dosen. Selain itu, materi yang diberikan tidak biasa seperti teori dalam buku.

“Maaf saya sedikit kaku, karena tidak terbiasa jadi guru atau dosen, dan saya tidak biasa menjelaskan sesuai dengan buku yang mengutamakan teori, karena tipikal saya itu berkembangnya dari pengalaman,” ujar dia.

Baca Juga:  Bupati Nunukan Ajak Pengurus MUI Menjaga Kebersamaan Umat

Ia mengawali materinya dengan mengatakan bahwa teori kepemimpinan yang tertera dalam buku kadangkala tidak sama dengan kondisi di lapangan. Tetapi teori dalam buku hanya dijadikan referensi semata dalam perjalanan karir politiknya.

“Saya jadikan saja sebagai referensi dalam perjalanan dan karier saya, makanya disini saya akan bawa dua materi tentang kepemimpinan, yang bersifat baku dan yang alami, terjadi seiring berjalannya waktu,” ungkap Laura.

Di hadapan puluhan mahasiswa Poltek Negeri Nunukan, Bupati Nunukan memaparkan dasar-dasar kepemimpinan. Dikatakannya, seorang pemimpin itu harus mempunyai target ataupun visi.

Baca Juga:  Satgas: 49 Pasien COVID-19 di Nunukan Dinyatakan Sembuh

“Seperti contoh baris berbaris, tentu seorang pemimpin barisan punya niat, punya visi, barisannya harus rapi, harus indah. Itu juga pemimpin, pemimpin barisan, pemimpin upacara juga harus memastikan bahwa semua peserta upacara dalam keadaan siap, begitu juga dalam menjalankan pemerintahan, pemimpin itu mengarahkan, misalnya akan dibawa kemana daerah kita, targetnya apa”, jelas Laura.

Tidak lupa, Laura memberikan semangat kepada para mahasiswa bahwa anak muda saat sekarang tidak boleh di pandang sebelah mata. Terbukti sudah banyak pemuda sudah mampu menjadi pemimpin.

Contohnya, anggota DPRD/DPR dan aktivis maupun pengusaha yang berhasil usia masih muda.

Baca Juga:  TMMD Wiltas Ke-111, TNI Akan Bangun Desa di Perbatasan

“Dan saya sangat mengharap kepada adik-adik semua, jaga masa mudanya, jangan habiskan masa muda kita dengan sia-sia atau santai, tetapi bagaimana kita bisa mengisi masa muda kita dengan hal hal yang lebih produktif lagi, agar ke depan kita itu sedikit gampang,”ungkap Laura. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here