Bupati Nunukan: Efisienkan Penggunaan DD Hindari Implikasi Hukum

Workshop Apdesi Cabang Nunukan
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid saat memberikan pengarahan pada Workshop Apdesi Cabang Nunukan, Kamis (8/4)

Pos-Kaltara.co.id – Pemerintah pusat mengucurkan Rp193,8 miliar dana desa (DD) untuk 232 desa di Kabupaten Nunukan, Kaltara pada 2021.

Besarnya DD yang dikucurkan Pemerintah pusat kepada Kabupaten Nunukan pada 2021 ini maka Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid mengingatkan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Nunukan pada saat membuka Workshop Sistem Informasi Desa (SID) yang diselenggarakan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Cabang Nunukan pada Kamis (8/4).

Workshop yang menghadirkan pemateri dari Pusat Pelatihan Pegembangan Keuangan dan Pemerintahan (P3KP), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Nunukan, Inspektorat Kabupaten Nunukan, dan DPC APDESI Kabupaten Nunukan.

Baca Juga:  Hadiri Dialog KUB, Hanafiah Tekankan Pentingnya Toleransi

Menurut Laura, kebijakan Pemerintah yang memberikan perhatian dan kewenangan yang sangat besar kepada desa untuk mengelola keuangannya sendiri, harus dimaknai sebagai sebuah tanggung jawab yang perlu selalu dijaga dengan baik.

“Jangan sampai ada perangkat desa yang tersangkut persoalan hukum karena salah dalam memanfaatkan dana desa. Makanya, tanggung jawab dan kepercayaan ini harus betul-betul dijaga dengan baik,” harap dia.

Hanya saja, jangan terlalu takut dan fokus memikirkan pelaporan penggunaan anggarannya, sehingga lupa memikirkan efektifitas program yang akan dilaksanakan,” pungkas dia. (mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here