BNPB Sarankan Dibentuk Tim Kajian Soal Banjir Sembakung

Kunjungan Kepala BNPB di Nunukan
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo

Pos-Kaltara-co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta dibentuk tim kajian terkait banjir kiriman dari Malaysia di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan.

Tim kajian ini berasal dari instansi terkait seperti BMKG, BPBD, Lingkungan Hidup, dan Pemkab Nunukan sendiri dan lain-lainnya yang akan melakukan kegiatan nantinya.

Pembentukan tim ini disarankan oleh Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo saat berkunjung di Kabupaten Nunukan pada Selasa malam (30/3). Ia katakan, masalah banjir kiriman dari Malaysia tidak bisa diambil sebuah kesimpulan sebelum dilakukan pengkajian secara ilmiah.

Baca Juga:  Soal Batal Divaksin COVID-19, Ketua DPRD Nunukan Benarkan Sudah Diberitahu Dinkes

“Kita tidak bisa mengambil sebuah kesimpulan sebelum dilakukan pengkajian secara ilmiah terkait dengan banjir kiriman dari Malaysia itu. Makanya Pemkab Nunukan segera membentuk tim yang terdiri dari beberapa instansi,” harap Doni mantan Danjen Kopasus ini.

BNPB, kata dia, pada dasarnya sangat merespon setiap permasalahan bencana di daerah termasuk banjir kiriman dari Malaysia di Kecamatan Sembakung yang rutin terjadi setiap tahunnya.

Hal ini dimaksudkan agar tidak menimbulkan kerugian material yang lebih besar dan jatuhnya korban jiwa akibat bencana tersebut. Namun, mengenai banjir kiriman dari negara tetangga (Malaysia) ini perlu dilakukan pengkajian secara mendalam sebelum dilakukan tindakan. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here