BI Silaturrahmi Gubernur Kaltara, Ungkap Langkah Pertumbuhan Ekonomi

Pos-Kaltara.co.id – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan audiensi dengan Gubernur Zainal Arifin Paliwang.

Pertemuan ini digelar di ruang kerja Gubernur, sekitar pukul 17.30 WITA, Selasa (16/3), yang juga dihadiri sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kaltara.

Kepada Gubernur Zainal, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltara, Yufrizal bersama jajaran direksinya menyampaikan tujuan kedatangannya.

Pertama, sebut Yufrizal, bermaksud untuk bersilahturahmi sekaligus menyampaikan program kerja yang telah dilakukan sejauh ini dalam membangun perekonomian Kaltara.

“Maksud lainnya adalah ingin mendapatkan arahan dari Pak Gubernur, dan bagaimana BI Kaltara dengan Pemprov Kaltara dapat bersinergi. Alhamdulillah bapak Gubernur Zainal menyambutnya dengan luar biasa, terutama dalam pengembangan ekonomi Kaltara ke depan,” ujar Yufrizal.

Baca Juga:  Wagub Yansen: ASN Harus Eksis Melaksanakan Tugas

Terkait pengembangan ekonomi masyarakat di Bumi Benuanta, Yufrizal mengatakan akan dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) dalam waktu dekat.

“Nanti kita tuangkan dalam sebuah MoU agar punya legal hukum yang kuat. Kemudian kita akan mengimplementasikannya,” tuturnya.

Yufrizal menyebutkan pertumbuhan ekonomi Kaltara pada 2020 lalu tercatat minus 1,11 persen.

Hal ini disebabkan menurunnya aktivitas ekspor dari Kaltara ke sejumlah negara tujuan lantaran pandemi. Misalnya ekspor batubara tujuan Tiongkok dan India.

Baca Juga:  Ada Warga "Miskin" di Nunukan Luput Dari Bantuan Pemerintah, Kenapa?

“Dua negara ini ekonominya turun karena Covid-19, sehingga permintaan batubara dari Kaltara juga turun,” ungkapnya.

Meski begitu, persentase pertumbuhan Kaltara pada 2020 masih terangkum lebih baik dibandingkan kondisi ekonomi nasional yang bertengger diangka 2.0 persen.

Kunjungan rombongan KPwBI Kaltara tersebut diapresiasi baik oleh Gubernur Zainal.

Salah satu bentuk pengembangan ekonomi bersama KPwBI Kaltara salah satunya adalah pembinaan kepada pengrajin batik lokal se-Kaltara berupa pelatihan-pelatihan.

Dalam pelatihan itu rencananya KPwBI Kaltara akan mendatangkan instruktur pembatik dari Jawa Timur.

“Alhamdulillah hal ini menjadi salah satu wujud dukungan BI Kaltara terhadap program kerja Pemprov Kaltara pada sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah),” ucap Gubernur Zainal. (mil/sur)

Baca Juga:  Pemprov Kaltara Kucurkan 8,01 Persen dari DAU/DBH untuk Penanganan Covid-19

Sumber: Diskominfo Kaltara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here