Usai Kunjungi Budidaya Lebah, Zainal Siap Dukung Anggaran Pengembangan Usaha Lokal

Kampanye Cagub-Cawagub Kaltara 2020
Cagub Kaltara nomor urut 3, Drs H Zainal A Paliwang bersama istri mencicipi madu langsung dari sarangnya di Gunung Sari, Bulungan

POS-KALTARA.CO.ID – Calon Gubernur Kaltara nomor urut 3, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum menggendong istri setelah mengunjungi lokasi peternakan lebah madu di Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.

Lokasi peternakan lebah kelulut ini berada di KM 12 Gunung Sari dengan perjalanan yang memakan waktu sekira 30 menit dari Tanjung Selor.

Zainal bersama istri dan rombongan langsung ke lokasi budidaya lebah madu jenis kelulut milik Solihun, perantau asal NTB tersebut.

Tak hanya Solihun, tetangganya pun ikut  senang atas kedatangan Cagub Kaltara ini. Istri Cagub Kaltara ini, Rachmawati juga berasal dari NTB sehingga kian menambah suasana keakraban dengan warga setempat.

Baca Juga:  Gubernur Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Tarakan

Solihun adalah salah seorang warga NTB yang beternak lebah madu di daerah itu sejak dua tahun lalu.

Ketika tiba di lokasi perternakan lebah madu milik Solihun ini dengan menempuh perjalanan sekira 15 menit. Melewati jalanan yang becek dan digenangi air karena hujan tak menyurutkan langkah sang Jenderal Polisi bintang satu ini.

Perasaan lelah akhirnya terbayarkan saat menyaksikan sarang lebah karena Zainal bersama istri dan rombongan menikmati langsung madu asli.

“Ini merupakan produk yang sangat baik dan harus kita kembangkan, karena untuk berternak lebah kelulut itu lebih sulit dari lebah biasa,” ungkap jenderal polisi bintang satu ini.

Baca Juga:  Zainal Minta ASN Manfaatkan Momen Bimtek Penyusunan LPPD Ini

Pada kesempatan itu, dia ungkapkan program unggulan salah satunya pengembangan sektor peternakan yang diketahui komoditi andalan warga Kaltara.

“Nantinya akan kita beri bantuan dan bangun koperasi sehingga bisa kita berikan bantuan agar lebih bisa berkembang dan dipasarkan keluar daerah, bukan hanya mendapat pembeli lokal,” ucap Zainal.

Pria ini menuturkan, dua tahun membudidaya lebah madu tetapi omzet tergolong masih kecil karena pemasarannya tergantung pesanan. Harga madu miliknya takaran botol marjan dijual Rp300.000.

Selain madu asli, Solihun juga menjual produk olahannya seperti bee pollen. Diketahui, bee pollen sangat bagus bagi kulit karena mengandung kolagen.

Baca Juga:  BI Silaturrahmi Gubernur Kaltara, Ungkap Langkah Pertumbuhan Ekonomi

“Saya berharap adanya bantuan bagi kami, karena ternak ini adalah mata pencaharian utama kami, dan kami bergantung hanya pada pesanan, tidak memproduksi massal,” harap dia. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here