Anak TKI Penerima Beasiswa Tertunda Ke Indonesia Pasca Pandemi

PK ONLINE– Sebanyak 540 anak Pekerja Migran Indonesia di Sabah Malaysia tercatat sebagai calon penerima Beasiswa Repratasi Pendidikan untuk melanjutkan study di Tanah air.

Program repatriasi pendidikan bagi anak PMI yang merupakan peserta didik SIKK dan Community Learning Center (CLC) di Sabah-Malaysia. Program ini dilaksanakan setiap tahun diperuntukkan bagi anak-anak yang baru lulus SMP untuk untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia.

Program beasiswa ini atas skema Afirmasi Pendidikan Menangah (ADEM) Kemendikbudristek RI, yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi, dan Beasiswa Yayasan.

Baca Juga:  Pertama Terima Vaksinasi, Gubernur Kaltara: Jangan Takut Divaksin!

Pada tahun-tahun sebelumnya pemberangkatan dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru. Dikarenakan pandemi Covid-19 dimulai sejak tahun 2020 hingga 2021 pemulangan para penerima beasiswa ke tanah air mengalami hambatan dikarenakan pembatasan aktivitas yang diberlakukan oleh masing-masing negara.

Dari 540 yang tercatat, 28 diantaranya telah diberangkatkan ke tanah air pada 19 Desember lalu. Peserta diberangkatkan melalui transportasi udara dari Kota Kinabalu Intersional Airport (KKIA) menuju Indonesia.

Dalam pemberangkatan tersebut dibagi menjadi dua kloter dan masing-masing didampingi oleh 3 orang petugas. Setibanya di tanah air, rombongan akan melaksanakan karantina sesuai protokol kesehatan sebelum melanjutkan perjalanan menuju pada sekolah tujuan masing-masing yang akan dibantu oleh panitia repatriasi dan perwakilan dari sekolah mitra.

Dalam pelepasan yang dilaksanakan secara simbolis melalui platform zoom, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Dadang Hermawan memberikan motivasi kepada para penerima beasiswa.

Baca Juga:  Musprov ke II Inkindo, Gubernur: Sinergitas Semua Pihak Wujudkan Cita-Cita Luhur Kaltara

“Semoga penantian anak-anak selama hampir satu semester ini untuk pulang ke Indonesia melanjutkan pendidikan menjadi pecutan semangat agar lebih rajin dalam belajar. Bersyukurlah dan manfaatkan kesempat ini dengan baik, Bapak yakin Mutiara-mutiara bangsa dari Sabah, Malaysia akan terus berkilau dibuktikan dengan prestasi membanggakan kalian di masa depan,” ujar Dadang.

 

Editor: Tazzah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here