4 Pasien Corona Ajukan Isolasi Mandiri

Isolasi Mandiri
Suasana press reelese update COVID-19 di Kabupaten Nunukan, Sabtu (30/5)

POS KALTARA.CO.ID – Update kasus wabah corona per 30 Mei 2020, ada empat pasien positif yang dirawat di RSUD Nunukan, Kalimantan Utara selama ini mengajukan isolasi mandiri di rumahnya.

Namun, baru satu pasien yang disetujui setelah dilakukan advokasi dan penilaian syarat-syarat yang diperlukan di rumah bersangkutan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nunukan, Aris Suyono di Nunukan menjelaskan, pasien positif Corona yang telah disetujui atau dizinkan untuk menjalani isolasi mandiri adalah kode NNK#3.

Pasien ini beralamat di Porsas RT 17 Kelurahan Nunukan Timur. Aris menyatakan, izin yang diberikan karena penilaian terhadap rumah tempat tinggalnya memenuhi syarat sanitasi dan kemungkinan kontak dengan orang sekitar sangat kecil.

Baca Juga:  Positif COVID-19, Kediaman Muhammad Nasir dan Rumah Warga Akan Disemprot Disinfektan

Kemudian, tetangga sekitar rumah tempat tinggalnya pun bersedia menerima atau tidak keberatan, beber Aris, Sabtu, 30 Mei 2020.

Selanjutnya, ada dua pasien positif lainnya yang ikut mengajukan isolasi mandiri yang beralamat di Kecamatan Sebatik Tengah berada dalam wilayah kerja Puskesmas Ajikuning.

Hanya saja, advokasi dan penilaian syarat-syarat yang perlu dipenuhi masih dalam tahap verifikasi lokasi.

Satu lagi pasien dengan kode NNK#20 ikut mengajukan isolasi mandiri. Tetapi setelah dilakukan survei atau penilaian terhadap tempat tinggalnya tidak memenuhi syarat.

Baca Juga:  Warga Seimenggaris Dukung Zainal-Yansen di Pilgub Kaltara 2020 Untuk Perubahan

Oleh karena itu, Tim Gugus Tugas COVID-19 Nunukan tidak memberikan persetujuan.

Aris mengungkapkan, sebanyak 27 sample dikirim ke Balitbangkes Jakarta. Terdiri dari 21 sampel follow up dan enam orang diagnosa.

Puluhan sampel ini akan dikirim ke Jakarta pada Minggu, 31 Mei 2020.

Sampai saat ini, jumlah pasien positif yang dirawat di RSUD Nunukan sebanyak tujuh orang. Sedangkan pasien yang menjalani pemulihan di Puskesmas Binusan sebanyak 12 orang.

Lalu, lanjut Aris, ada satu pasien menjalani isolasi di Krayan dan dua orang dirawat di Puskesmas Malinau. (ir/TZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here