4 Orang Personil PMI Nunukan Positif Covid-19

PMI Nunukan
PMI Nunukan Semprotkan Disinfektan. Foto: Istimewa

PK Online – Empat orang personil Palang Merah Indonesia (PMI) Nunukan positif Covid-1.

Hal ini dibenarkan Sekretaris Umum PMI Nunukan, Ilham Bahar saat dikonfirmasi via telepon seluler, Jumat (23/07).

“Benar tiga orang personil dan satu relawan PMI Nunukan positif Covid-19” kata Ilham.

Ia menjelaskan bahwa hasil positif tersebut didapat dari test antigen terhadap lingkungan internal PMI Nunukan demi mencegah dan menerapkan protokol kesehatan.

“Waktu itu ada gejala flu personil sehingga kita melakukan tracing dan test antigen kepada seluruh internal baik staf maupun relawan dan didapatlah empat orang personil PMI positif Covid-19,” jelas Ilham.

Baca Juga:  Pemkab Nunukan Hadiri Rakorwasdanas dan Launching Sinergitas Pengelolaan bersama MCP

Selanjutnya, lanjut Ilham, semua personil yang positif dilakukan isolasi mandiri (Isoman) selama 14 hari kedepan.

“Ini sebagai bentuk pengawasan kita, mayoritas teman-teman yang bertugas dilapangan juga sudah divaksin, kita juga kedepan akan upayakan dinas kesehatan untuk mengadakan tes antigen reguler,” tutur Ilham.

Saat disinggung apakah akan menghambat kinerja PMI membantu tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19, Ilham mengatakan saat ini hanya menghentikan proses penyemprotan disinfektan.

“Alhamdulillah personil PMI masih bertugas melakukan screening di pintu-pintu keluar masuk (Pelabuhan dan Bandara, walaupun pasti ada hambatan tetapi kita tetap jalankan tugas-tugas kemanusiaan di garis depan,” kata dia.

Baca Juga:  Positif COVID-19, Kediaman Muhammad Nasir dan Rumah Warga Akan Disemprot Disinfektan

Ilham menegaskan, risiko terpapar Covid-19 tidak bisa dihindari PMI karena berdiri di garis depan untuk melawan pandemi.

“Siapa lagi yang berjuang, teman-teman diluar sana mungkin berjuang dengan rupiah tapi kami (PMI) berjuang tanpa nilai rupiah,” tegasnya. (KA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here