1.457 Nakes di Nunukan Selesai Divaksin

Vaksin Sinovac Tiba di Pelabuhan Laimjung, Nunukan
Pemkab Nunukan menyambut kedatangan vamksin Sinovac yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan

Pos-Kaltara.co.id – Vaksinasi perdana di Kabupaten Nunukan, Kaltara ditargetkan 1.820 tenaga kesehatan (nakes) yang mendapatkan giliran, tetapi hanya 1.457 orang saja yang memenuhi syarat.

Nakes yang ditargetkan vaksin perdana ini, selama ini beraktivitas pada pusat kesehatan masyarakat (PKM) yang tersebar di kecamatan-kecamatan, rumah sakit pratama dan RSUD Nunukan.

Berdasarkan data yang diterima dari Satgas Penanganan COVID-19 Nunukan, sebanyak 236 nakes terpaksa tidak bisa divaksin karena alasan tertentu dan 127 nakes yang ditunda karena tidak lolos skrening sehingga akan dijadwalkan ulang.

Baca Juga:  DPRD Nunukan Gelar Rapat Paripurna Terkait Usulan 2 Raperda

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menyebutkan penyuntikan vaksin Sinovac perdana bagi ribuan nakes yang tersebar pada seluruh PKM, rumah sakit pratama dan RSUD Nunukan ini mulai dilaksanakan pada 3 Februari 2021 bertepatan dengan awal peluncuran vaksin terhadap pejabat dari forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD).

Laura yang juga Bupati Nunukan mengatakan vaksinasi perdana ini memang diprioritaskan kepada nakes di PKM dan rumah sakit dengan target 1.820 orang. Sementara vaksin yang diterima Pemkab Nunukan dari Pemerintah pada akhir Januari 2021 berjumlah 3.640 dosis.

Tak lupa, Laura kembali mengajak masyarakat agar tidak percaya berita hoaks yang sulit dipertanggungjawabkan asal usul informasinya terkait dengan efek negatif yang disebabkan oleh vaksin Sinovac ini. Ia tegaskan, dirinya bersama pejabat dari FKPD yang telah menjalani vaksin tidak merasakan apa-apa.

Baca Juga:  Ke depan, DPMD Nunukan Fokus Pada Pengentasan 6 Desa Sangat Tertinggal

Menurut dia, vaksin ini dimaksudkan untuk menjaga imun tubuh sehingga dapat terhindar dari serangan virus korona.

Sebelumnya Direktur RSUD Nunukan dr Dulman menyatakan vaksinasi terhadap nakes di rumah sakit itu akan dilakukan secara bertahap selama 12 hari kerja.

Jumlah tenaga kesehatan di RSUD Nunukan yang menjadi target vaksin Sinovac sebanyak 813 orang. Namun, sampai 17 Februari 2021 baru 688 orang yang selesai di vaksin. Sisanya 43 orang ditunda karena alasan tertentu dan 68 lainnya dibatalkan karena tidak memenuhi syarat. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here